Khasiat Bayam Menakjubkan, Mulai dari Antikanker hingga Hipertensi


Pertanianku — Sayur bayam seringkali dianggap sebagai makanan kelas bawah karena mudah ditemukan dan dijual dengan harga murah. Akan tetapi, sebenarnya khasiat bayam itu menakjubkan. Manfaatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh bahkan disebut-sebut sebagai antikanker.

khasiat bayam
Foto: Pixabay

Berikut ini ada 5 manfaat dahsyat sayur bayam untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Yuk, simak ulasannya.

  1. Bermanfaat untuk berat badan

Khasiat bayam yang pertama adalah membantu dalam penurunan berat badan karena sayur bayam rendah kalori dan lemak. Hal ini sangat menguntungkan dan bayam memiliki kualitas serat makanan yang baik, yang larut dalam lemak. Dengan demikian, sayuran berdaun ini sering dianjurkan untuk diet karena dalam diet penting untuk menghindari makan berulang-ulang.

  1. Khasiat bayam untuk antikanker

Bayam kaya akan flavonoids, sebuah phytonutrisi dengan sifat antikanker. Bayam efektif dalam memperlambat pembelahan sel kanker dalam perut dan kanker kulit manusia. Selain itu, bayam telah terbukti efektif dalam memberikan perlindungan terhadap terjadinya kanker prostat agresif.

  1. Kesehatan mata

Bayam mengandung anti-oksidan lutein dan zeaxanthin dalam berlimpah yang melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula terkait usia (ARMD). Zeaxanthin adalah karotenoid makanan penting yang diserap ke dalam makula lutea retina di mata, menyediakan fungsi-fungsi cahaya penyaringan.

  1. Kesehatan tulang

khasiat bayam berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang berkat kandungan vitamin K yang ada di dalamnya. Secangkir bayam rebus menyediakan sekitar 1.000% dari RDA vitamin K yang menurunkan dan mengontrol aktivasi lebih dari osteoklas. Ini adalah sel-sel yang membantu dalam meruntuhkan struktur tulang selama periode waktu yang singkat.

  1. Menurunkan hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal, penyakit jantung dan stroke. Mengonsumsi bayam sangat bermanfaat dalam menurunkan hipertensi karena beberapa dari konstituennya membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Baca Juga:  Kurangi Risiko Diabetes dengan Konsumsi Walnut, Benarkah?
loading...
loading...