Khasiat Belimbing Pada Setiap Bagiannya


Pertanianku – Belimbing berasal dari Ceylon dan Maluku. Saat ini, buah ini banyak ditanam di wilayah Asia Tenggara, khususnya Malaysia dan Indonesia. Belimbing juga dapat ditemukan di Cina bagian selatan, Taiwan, dan India.

089770500_1436179704-belimbing

Kulit buahnya tipis transparan, mengilap seperti berlapis lilin. Ketika masih muda hijau, bila sudah masak warnanya kuning muda sampai kuning tua kemerahan. Panjang buah 5—15 cm, berbentuk bulat telur sampai bulat panjang, berusuk lima. Bila dipotong melintang, buah menyerupai bintang sehingga disebut juga star fruit atau star apple. Berdaging dan banyak mengandung air. Rasanya manis sampai asam. Bijinya kecil-kecil, jumlahnya bisa mencapai 12 buah. Warna biji putih kotor kecokelatan, pipih, bentuknya elips dengan kedua ujung meruncing.

Berikut adalah Khasiat Belimbing Pada Setiap Bagiannya

Buah, memiliki khasiat antiradang, antioksidan, peluruh urin (diuretik), dan meningkatkan keluarnya liur. Baik digunakan untuk membantu pengobatan tekanan darah tinggi (hipertensi), batuk, tenggorokan sakit dan bengkak, haus, sakit gigi, kaki edema (bengkak air), sukar kencing, pembesaran limpa akibat penyakit malaria dan wasir.

Daun, bermanfaat untuk mengatasi kesukaran berkemih, kulit gatal, tersiram air panas, dan koreng bernanah (pioderma).

Akar digunakan untuk pengobatan sakit kepala kronik, nyeri sendi, mimisan, dan seminal emission (bocor sperma).

 

 

Baca Juga:  Mangga Pulihkan Tenaga? Bagaimana Bisa?
loading...
loading...