Khasiat Benalu Mangga yang Belum Diketahui Orang

Pertanianku – Mendengar kata benalu di pikiran orang pastilah identik dengan hal negatif. Pada dasarnya benalu hidup menumpang seperti parasit pada inang. Namun, ternnyata benalu tidak selalu bersifat negatif.

Khasiat Benalu Mangga yang Belum Diketahui Orang

Apakah Anda mengetahui khasiat benalu? Hal ini memang benar adanya bahwa benalu memiliki manfaat yang belum banyak diketahui orang. Khasiat benalu ini sangatlah unik dan berbeda satu dengan yang lain. Letak perbedaan terlihat pada pohon yang menjadi inangnya. Salah satu jenis benalu yang memiliki khasiat adalah Dendrophthoepentandra atau benalu mangga. Mau tahu apa saja manfaat benalu mangga ini?

Loading...

Jauh sebelum adanya penelitian ilmiah, masyarakat tradisional sudah menggunakan benalu mangga sebagai obat dari beberapa penyakit. Berikut khasiat benalu mangga.

  1. Khasiat benalu dapat mengobati nyeri pinggang, kencing tidak lancer, dan gangguan pada kelenjar prostat. Cara pengolahannya pun cukup mudah Anda hanya memerlukan daun benalu mangga sebanyak 9 lembar. Cuci bersih kemudian rebus bersama dengan air 2 liter. Tunggu hingga air menjadi 1 liter. Air rebusan tersebut diminum pada pagi, sore dan malam hari. Disarankan saat mengonsumsi air rebusan benalu mangga untuk memperbanyak minum air putih agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
  1. Khasiat benalu dapat mengobati kanker, tumor, amandel, dan gangguan pada organ usus. Cara pengolahannya dengan ambil daun benalu mangga kemudian dikeringkan. Setelah itu, jadikan bubuk. Seduh layaknya kopi dan minum rutin. Ingat, benalu mangga aman pada dosis 5 sampai 10 gram saja. Sebaiknya jangan dikonsumsi melebihi ambang aman tersebut.

Untuk mendapatkan khasiat benalu mangga, pastikan Anda melakukan hal berikut ini.

Jika benalu mangga direbus, sebaiknya gunakan wadah dari tanah liat, sebab akan menghisap kandungan racun dari benalu mangga itu sendiri. Hal ini berarti, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi benalu mangga sembarangan. Ramuan benalu mangga ini tergolong kuat sehingga Anda dapat menyeduh daun untuk beberapa kali pemakaian.

Baca Juga:  Khasiat Asparagus, Pembersih Pembuluh Darah Arteri dari Kolesterol
Loading...
Loading...