Khasiat Biji Labu Mengatasi Diabetes

Pertanianku – Biji labu terdapat didalam buah labu. Khasiat biji labu dapat diolah menjadi kuaci yang mengandung banyak manfaat. Tapi tidak hanya biji labu yang bermanfaat buah labu pun memiliki banyak manfaat diantaranya bisa diolah untuk dijadikan aneka macam resep makanan. Buah labu sendiri banyak diolah menjadi kolak labu, kue bolu rasa labu, puding rasa labu dan donat yang bahannya dari buah labu.

Khasiat Biji Labu Mengatasi Diabetes

Selain buahnya yang biji labu juga memiliki segudang manfaat yang banyak didalamnya. Khasiat biji labu untuk kesehatan belum banyak diketahui orang. Sehingga saat mengolah buahnya maka disarankan untuk  tidak membuang biji labu. Tapi sisihkan biji labu untuk diolah karena kandungan kesehatan yang terdapat di dalam biji labu sangat baik untuk tubuh.

Loading...

Khasiat biji labu dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan oleh kadar gula yang berlebih didalam darah. Sehingga insulin tidak dapat digunakan oleh tubuh dengan optimal. Diabetes dapat disebabkan oleh beberapa  faktor antara lain faktor genetik, yang mana hal ini terjadi jika ada riwayat keluarga yang sebelumnya mengidap penyakit diabetes. Selain faktor genetik diatas pola hidup yang tidak sehat dalam kehidupan sehari hari juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk itu perhatikan selalu kandungan gizi yang terdapat dalam makanan. Khasiat biji labu lainnya dapat mengontrol kadar gula darah agar selalu normal. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Biji labu mengandung 26 kalori per 100 gramnya, kalium 340 mg, sodium 1 mg, protein 1 g, magnesium, vitamin A, vitamin D, vitamin B 12, vitamin C dan vitamin B 6. Berikut kandungan dan khasiat biji labu.

  • Kalori adalah sejumlah energi yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi untuk tubuh yang digunakan untuk aktifitas harian.
  • Kalium adalah mineral yang diperlukan oleh tubuh yang terdapat pada sel tubuh. Kalium memiliki banyak manfaat salah satunya mengatur kadar air yang ada di dalam tubuh.
  • Sodium adalah ion positif yang terdapat di dalam tubuh yang mengandung 60 persen dalam cairan  sel tubuh.
  • Protein adalah zat yang diperlukan oleh tubuh yang terdapat pada tumbuh – tumbuhan dan hewan.
  • Magnesium berfungsi untuk membantu pengolahan pencernaan protein untuk kesehatan otot tubuh.
  • Vitamin A berfungsi untuk kesehatan pada indera penglihatan dan juga membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Vitamin A terdapat pada wortel, hati, minyak ikan dan susu.
  • Vitamin D berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dari penyakit.
  • Vitamin C berfungsi untuk mengatasi sariawan, mempermudah penyerapan pada zat besi dalam tubuh. Vitamin C terdapat pada jeruk dan lemon.
  • Vitamin B 12 berfungsi untuk pembentukkan sel darah khususnya sel darah merah.
  • Vitamin B 6 berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung karena konsumsi biji – bijian baik untuk kesehatan jantung.
Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji
Loading...
Loading...