Khasiat Biji Mahoni Sangat Menakjubkan

Pertanianku — Kebanyakan orang hanya menganggap pohon mahoni sebagai tanaman peneduh dan kayunya untuk kepentingan mebel. Padahal, ada yang lebih bermanfaat dari itu, yakni bijinya. Khasiat biji mahoni sangat baik untuk kesehatan dan dapat menjadi obat beberapa penyakit.

Khasiat biji mahoni
Foto: Pixabay

Biji mahoni sangat kaya akan gizi seperti protein, flavonoid, saponin, vitamin, karbohidrat, enzim, asam lemak esensial, mineral, dan masih banyak nutrisi penting lainnya. Meski rasanya pahit, di dalamnya mengandung khasiat yang luar biasa untuk kesehatan seperti berikut.

Melancarkan peredaran darah

Loading...

Kandungan flavonoid dalam buah mahoni sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dengan cara mengurangi kadar kolesterol dan timbunan lemak dalam pembuluh darah serta menangkal radikal bebas.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin dan saponin dalam buah mahoni ampuh mencegah berbagai penyakit dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga membantu memperlambat proses pembekuan darah.

Mengatasi alergi kulit

Biji mahoni memiliki sifat antijamur dan astringent sehingga ampuh mengatasi masalah alergi kulit yang membandel. Caranya, bisa dikonsumsi langsung atau dengan mencampur bubuk biji mahoni, kemudian mengoleskan pada kulit yang alergi.

Mencegah penyakit jantung

Kandungan flavonoid dalam biji mahoni berkhasiat mengikis lemak jahat dan kolesterol pada pembuluh darah sehingga risiko penyakit jantung dan jantung koroner bisa berkurang.

Mengatasi kram menstruasi

Kandungan flavonoid dan mineral penting dalam biji mahoni ampuh mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Karena itu, Anda tidak perlu membeli obat-obatan mahal untuk meredakan nyeri, cukup konsumsi biji mahoni saja, niscaya masalah Anda akan teratasi.

Diabetes

Biji mahoni juga mempunyai kemampuan sebagai astringent yang membantu mengendapkan protein pada selaput lendir usus dan membentuk lapisan khusus yang melindungi usus sehingga menghambat peningkatkan glukosa dalam darah.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Melindungi dari penyakit hati

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, saponin dalam biji mahoni juga bermanfaat untuk melindungi hati dari infeksi dan penyakit yang berbahaya.

Loading...
Loading...