Khasiat Binahong Atasi Hati Bengkak


Pertanianku — Binahong adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Khasiat binahong untuk kesehatan sudah dikenal oleh masyarakat luas.

khasiat binahong
Fot: Google Image

Tanaman herbal ini memang mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan ataupun berat. Salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan pengobatan herbal binahong ialah pembengkakan hati.

Seorang dokter dan herbalis di Tangerang, dr. Prapti Utami menjelaskan, pembengkakan merupakan hasil pertempuran sel darah putih dengan bakteri.

Bila lokasinya di hati dan paru-paru, artinya di kedua organ itu terdapat timbunan cairan berupa nanah. Konsumsi umbi binahong dan daun sirih merah disebut-sebut dapat mempercepat penyembuhan pembengkakan hati dan paru-paru.

Tunas binahong tumbuh menempel atau menggantung pada batang utama di antara daun tanaman binahong. Ukuran umbi binahong seujung jari kelingking.

Anda yang menderita pembengkakan hati dan paru-paru bisa mememarkan tujuh umbi binahong dan selembar daun sirih merah lalu merebusnya dalam segelas air hingga mendidih. Tunggu hingga air rebusan menyusut setengahnya. Setelah dingin, air reusan itu dikonsumsi dua kali sehari, pada pagi dan malam menjelang tidur selama sepekan.

Prapti menjelaskan, binahong dan sirih merah bersifat antibakteri, anti-imflamasi, disinfektan, dan meningkatkan daya tahan tubuh serta mempercepat penyembuhan luka. Ketika daya tahan tubuh kuat, maka antibodi mampu melawan bakteri patogen.

Tunas binahong juga diketahui dapat melindungi hati. Kemampuan itu karena kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, dan terpenoid. Ekstrak binahong sebanyak 25 mg per kilogram bobot tubuh efektif memperbaiki kerusakan hati akibat oksidan.

Hal itu karena umbi binahong kaya akan anti-oksidan yang meredam radikal bebas pemicu kerusakan hati.

Baca Juga:  Menguak Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan