Khasiat Boroco, Tanaman Liar yang Bermanfaat sebagai Obat Herbal

Pertanianku — Boroco atau Celosia argentea L. sering ditemukan tumbuh liar di beberapa tempat. Tanaman boroco memiliki nama panggilan yang berbeda-beda di setiap daerah. Di Sumatera Barat tanaman ini dikenal dengan nama bayam bludu, di Sunda dikenal jawer hayam, di Jawa Tengah dikenal sebagai jengger ayam, dan di Bali dikenal dengan nama janggar siap. Sementara itu, tanaman boroco dalam bahasa Inggris disebut quail grassi.

tanaman boroco
foto: PIxabay

Boroco memiliki penampakan bunga yang cukup indah dan mencolok. Di India dan Cina tanaman ini terkenal sebagai gulma yang bermasalah. Tanaman boroco memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk.

Kandungan di dalam tanaman boroco belum banyak diketahui. Sementara itu, efek farmakologis tanaman ini ialah antihipertensi dan antiradang. Bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah biji, bunga, atau seluruh bagian tanaman boroco, baik dalam keadaan segar maupun kering.

Pada dasarnya ramuan herbal tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, Anda harus mengikuti anjuran. Boroco diketahui memiliki kontraindikasi. Penderita tekanan bola mata tinggi (glaukoma) dilarang meminum ramuan dari tanaman ini.

Berikut ini beragam resep ramuan herbal tanaman boroco sesuai dengan jenis penyakitnya.

Disentri

Cuci bersih 30—60 gram semua bagian tumbuhan boroco, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Hipertensi

Cuci 30 gram biji boroco sampai bersih, lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Bagi air rebusannya menjadi 2 bagian sama banyak, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

Infeksi saluran kencing

Cuci bersih 30—60 gram semua bagian tumbuhan boroco. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Minum secara rutin 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas. Lakukan secara rutin setiap pagi, siang, dan sore hari.

Baca Juga:  Buncis, Sayur yang Bagus untuk Penderita Diabetes Melitus

Infeksi mata luar dan dalam

Cuci bersih 30—60 gram biji boroco, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Minum air rebusannya 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Keputihan

Rebus 60 gram bunga boroco dan 60 gram daging sapi dengan 3 gelas air sampai matang dan airnya tersisa 1,5 gelas. Makan dagingnya sekaligus dan minum air rebusannya 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.