Khasiat Brokoli untuk Detoks Tubuh

Pertanianku— Brokoli sering digadang-gadang sebagai sayuran yang kaya manfaaat karena bisa menjaga kesehatan tubuh. Faktanya, brokoli memang sangat bagus dikonsumsi karena mengandung nutrisi yang berguna sebagai detoks tubuh.

detoks tubuh
foto; Pertanianku

Brokoli sering disantap dengan cara direbus atau ditumis selama beberapa saat. Perebusan yang terlalu lama dapat menyebabkan nutrisi di dalam brokoli berkurang.

Sayur ini rendah kalori dan mengandung protein yang serupa dengan jagung dan beras. Brokoli kaya akan vitamin C, K, beta karoten, asma folat, kalsium, zat besi, dan serat. Selain itu, mengandung phytochemical yang dapat mencegah timbulnya kanker.

Sayur brokoli sangat bagus dikonsumsi ketika Anda sedang dalam masa penyembuhan karena mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan dan memperkuat energi. Selain itu, sayuran hijau ini mampu meningkatkan kesehatan jantung serta sistem imun di dalam tubuh.

Kandungan senyawa sulforaphane yang terdapat dari ekstrak kecambah brokoli bisa berkhasiat sebagai antioksidan dan menstimulasi produksi enzim yang bekerja untuk mendetoks senyawa beracun dari dalam tubuh.

Penelitian juga pernah dilakukan pada senyawa antikanker indole-3-carbinol, senyawa ini sangat penting untuk mencegah pertumbuhan penyakit kanker payudara, serviks, dan prostat. Senyawa ini mampu bekerja sebagai detoks senyawa beracun yang ada di dalam tubuh serta mengurangi pertumbuhan Human papilloma, virus yang menyebabkan kanker serviks.

Senyawa indole-3-carbinol juga ditemukan pada kubis dan Brussels sporuts. Senyawa ini sudah terbukti mampu mencegah munculnya kanker di dalam tubuh dengan cara berperan sebagai reseptor estrogen sehingga kerja estrogen untuk memperbanyak sel kanker payudara menjadi terhambat.

Namun, brokoli menjadi pantangan bagi penderita kadar asam urat yang tinggi karena bisa menyebabkan timbulnya serangan rematik gout.

Di dalam brokoli terdapat senyawa goitrogen yang bisa rusak melalui proses perebusan. Senyawa goitrogen yang terakumulasi di dalam tubuh dapat menyebabkan fungsi kelenjar tiroid menjadi terganggu. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi jenis-jenis sayuran lain agar tidak mengonsumsi brokoli dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Baca Juga:  Jenis-jenis Tanaman Penghasil Gaharu

Efek lain yang ditimbulkan dari konsumsi jangka panjang brokoli adalah kekurangan yodium sehingga kelenjar gondok menjadi besar.

 


loading...