Khasiat Buah Aprikot untuk Kesehatan Sangat Menakjubkan


Pertanianku Khasiat buah aprikot ternyata sangat menakjubkan. Bagaimana tidak? Buah aprikot mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat buah aprikot
Foto: Pixabay

Aprikot adalah buah asli Cina. Walaupun begitu, buah ini juga mudah ditemukan di Indonesia. Buah aprikot dapat memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang Anda perlukan setiap hari. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa khasiat buah aprikot bagi tubuh, seperti dilansir Livestrong.

  1. Vitamin A (Retinol)

Aprikot adalah sumber vitamin A yang juga dikenal sebagai retinol. Senyawa yang larut dalam lemak itu dapat membantu meningkatkan penglihatan dan perkembangan janin agar selalu sehat. Selain itu, kandungan vitamin A dalam buah ini juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kulit dan selaput lendir tetap sehat.

  1. Serat

Aprikot adalah sumber serat yang baik bagi tubuh. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung fungsi usus dalam melancarkan dan membantu mengurangi tekanan darah.

  1. Vitamin C

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat. Kandungan tersebut merupakan salah satu vitamin yang ditemukan dalam aprikot. Vitamin ini merupakan anti-oksidan dan dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Pada akhirnya, Anda dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit lainnya.

Disamping itu, vitamin ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, osteoarthritis, degenerasi makula yang terkait usia dan flu biasa. Karena vitamin ini sensitif terhadap cahaya, udara dan panas, makan aprikot segar akan memberi Anda lebih banyak nutrisi ketimbang aprikot kering.

  1. Kalium

Kalium adalah mineral yang dibutuhkan oleh setiap sel, jaringan dan organ dalam tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik. Mineral ini banyak ditemukan dalam aprikot. Selain itu, senyawa ini juga diperlukan untuk menjaga fungsi jantung dan kontraksi otot. Bahkan, kalium juga berperan penting dalam pembentukan tulang, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko stroke.

Baca Juga:  Wajib Tahu! Mitos Soal Bahaya Konsumsi Kedelai
loading...
loading...