Khasiat Buah Markisa Sebagai Obat Sariawan

PertaniankuBuah markisa yang memiliki rasa manis, asam, dan segar ini kaya akan vitamin C. Bentuknya yang unik dapat menghadirkan sensasi makan yang berbeda dari beberapa jenis buah yang sering ditemui. Selain dimakan langsung, buah ini juga sangat nikmat diolah menjadi jus. Di beberapa daerah, nama buah ini berbeda-beda, seperti di Palembang, buah markisa dikenal dengan nama rubis, balewa di Melayu, dan markusa di Sunda.

buah markisa
foto: pixabay

Tanaman markisa merupakan tumbuhan merambat dengan batang besar. Daunnya berseling tiga, berbentuk agak menjantung mengeriting dengan tiga belahan. Bunganya berwarna putih dengan ukuran diameter 5—7 cm. Buahnya berbentuk elips membulat tidak berambut, berdiameter 4—5 cm, berwarna hijau, dan saat masak berubah warna menjadi kuning. Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah buahnya.

Kandungan yang paling banyak adalah vitamin C sehingga buah ini bisa menjadi obat sariawan yang mujarab. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi ramuan resep herbal. Caranya, peras buah yang sudah masak dan buat minuman dari air perasan dengan sedikit pemanis atau gula. Minum air perasan tersebut hingga sariawan menghilang.

Loading...

Sebuah penelitian yang dilakukan dari University of Florida menyebutkan bahwa eksternal buah markisa mengandung banyak fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Fitokimia tersebut adalah polifenol dan karotenoid.

Kandungan fitokimia lain yang terkandung adalah harmain, passaflorine, harmine, viteksin, krisin, dan isoviteksi. Selain fitokimia, terdapat beberapa kandungan gizi lain seperti energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, dan asam sitrat. Kandungannya yang sangat kaya membuat buah ini terkenal kaya akan serat dan anti-oksidan.

Buah ini sangat baik bagi penderita insomnia dan merupakan sumber nutrisi yang baik bagi para pelaku diet. Beberapa literatur menyebutkan, buah markisa bisa berfungsi sebagai penangkal kanker, mengatasi batuk, anti-alergi, melancarkan ASI, menjaga kecantikan wajah serta menghilangkan kerutan pada wajah, menurunkan kolesterol, memperlebar saluran pembuluh darah, melancarkan peredaran darah, antiperadangan, analgesik, antiseptik, dan mampu menenangkan saraf anak yang hiperaktif.

Baca Juga:  Waspada! Serangga Biji Kakao Menyerang Saat Penyimpanan

Sampai saat ini belum ditemukan kontraindikasi dari konsumsi buah markisa. Namun, sangat tidak disarankan mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

 

 

 

Loading...
Loading...