Khasiat Buah Semangka Sebagai Obat Herbal

Pertanianku — Buah semangka kaya kandungan kimia berupa citrullin dan arginine. Kedua zat kimia tersebut berfungsi untuk meningkatkan produksi urea di hati sehingga dapat meningkatkan aliran dari urine. Itu sebabnya Anda sering kebelet buang air kecil jika terlalu banyak mengonsumsi semangka. Selain itu, buah ini mengandung vitamin A, B, dan C, asam aminoasetat, asam malat, akroten, bromin, kalium, natrium, likopen, fruktosa, dan sukrosa.

semangka
foto: pixabay

Biji semangka mengandung sitrulin, vitamin B12, enzim urease, dan senyawa aktif kukurbositrin. Buah ini dapat berkhasiat sebagai penyejuk tubuh saat panas, peluruh kencing, antiradang, penghilang haus, dan pembersih ginjal. Sementara, bijinya bersifat manis dan netral bisa berfungsi sebagai peluruh kencing, memacu kerja ginjal, menstabilkan tekanan darah, dan menjaga kelembapan usus.

Saat ingin memakan semangka, jangan digabungkan dengan gula aren karena bisa menyebabkan terbentuknya racun. Penderita gangguan prostat pada pria dan penderita lambung lemah serta dingin dilarang mengonsumsi buah ini. Berikut ini beberapa ramuan herbal yang bisa dibuat dari buah semangka.

Loading...

Cacingan

Cuci bersih 5 gram biji buah yang sudah kering, lalu tumbuk halus. Seduh hasil tumbukan dengan ½ gelas air panas. Minumlah ramuan sekaligus saat masih hangat.

Penurun panas bagi anak-anak

Buat ½ gelas sari buah dari daging buah semangka atau peras daging buah hingga mendapatkan air sari sebanyak ½ gelas. Minumlah sari buah semangka 2 kali sehari, masing-masing sebanyak ½ gelas.

Flek hitam di wajah dan penghalus kulit

Jemur kulit buah semangka secukupnya hingga kering. Tumbuk halus kulit buah kering hingga menjadi bubuk. Tambahkan 2 sendok bubuk kulit semangka ke dalam jus daging lidah buaya (1 batang) dan 1 buah mentimun. Aduk ramuan hingga rata. Gunakan ramuan sebagai masker dan biarkan masker selama 1 jam, lalu cuci wajah dengan air hangat. Lakukan treatment sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga:  Pupuk yang Wajib Diberikan untuk Tabulampot

Gangguan pencernaan dan nafsu makan berkurang

Buatlah jus dari buah semangka dicampur dengan buah tomat. Perbandingan komposisi antara semangka dan tomat sama. Minumlah jus tersebut 3 kali sehari, masing-masing sebanyak 1 gelas.

 

 

 

Loading...
Loading...