Khasiat Buat Congkok, Mengatasi Demam dan Meningkatkan Nafsu Makan

PertaniankuBuah congkok atau Molineria capitulate sering dikenal sebagai bedur oleh masyarakat Jawa. Tanaman ini termasuk herba dengan rimpang yang tebal. Daunnya bertangkai, bergaris panjang hingga mendekati elips. Buah congkok ternyata berkhasiat untuk mengatasi beberapa masalah penyakit, seperti demam dan meningkatkan nafsu makan.

buah congkok
foto: By Melburnian – Self-photographed, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=7431167

Bagian yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan adalah buahnya. Buah congkok berbentuk seperti beri dengan jumlah biji yang sedikit berbentuk bulat dan berwarna kehitaman. Di dalam buah mengandung curculin yang dapat merangsang nafsu makan. Buah dapat dimakan secara langsung tanpa perlu diolah terlebih dahulu.

Buah congkok termasuk genus Curculigo dan enak dikonsumsi secara langsung. Rasanya manis hampir mirip seperti mentimun manis. Sebenarnya, kadar kemanisan buah tidak terlalu ekstrem, tetapi Anda bisa mendapatkan rasa yang sangat manis pada permukaan lidah setelah memakan buahnya.

Selain mengandung curculin, buah ini juga mengandung banyak air, hampir sekitar 86 persen bagian buah diisi oleh air sehingga sering digunakan bagi pendaki yang sedang mengalami dehidrasi.

Sementara itu, untuk mengatasi demam tinggi, Anda bisa menggunakan daun, bagian ujung batang dan akar congkok. Seluruh bagian tanaman tersebut digunakan untuk membuat cairan infus yang dapat mengobati demam.

Penyakit lain yang bisa diatasi dengan tanaman congkok adalah diuretik dan sakit perut. Anda dapat memanfaatkan bagian bunga dan akar yang direbus secara bersamaan.

Anda tidak boleh mengonsumsi tanaman congkok secara berlebihan dengan dosis yang tinggi karena menyebabkan gangguan pada liver dan ginjal. Agar lebih aman, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan para ahli seperti dokter atau herbalis sebelum mengonsumsi ramuan congkok.

Bagian tanaman lain yang dapat dimanfaatkan adalah umbut tanaman. Umbut congkok sering diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti disayur, tumis, atau dikukus. Umbut juga dapat dimakan secara langsung.

Baca Juga:  Tidak Selamanya Menyebalkan, Getah Pepaya Juga Punya Manfaat

Meskipun bagi sebagian orang tanaman ini masih terbilang asing, nyatanya buah congkok sudah dijual di beberapa e-commerce dengan harga yang cukup murah.