Khasiat Bunga Dahlia untuk Mengobati Diabetes

Pertanianku — Dahlia atau Dahlia variabilis merupakan tanaman hias yang indah. Di balik keindahannya, ternyata bunga dahlia menyimpan khasiat, yakni sebagai obat diabetes. Bagian yang dapat dimanfaatkan menjadi obat diabetes adalah umbi dahlia. Umbi tanaman mengandung hampir 70 persen pati yang berbentuk insulin.

bunga dahlia
foto: Pixabay

Insulin murni hasil ekstrasi dari umbi dahlia sudah dimanfaatkan dalam dunia kedokteran. Insulin tersebut berfungsi sebagai prebiotik yang merupakan unsur-unsur gizi yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan manusia.

Dahlia adalah tanaman tahunan yang tegak dan berasal dari Pegunungan Meksiko. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 3 m. Daun tanaman berwarna hijau, berbentuk lonjong dengan bagian ujung yang lancip dan bagian tepi yang bergerigi. Bunga tanaman terbilang besar, sosoknya indah, dan memiliki beragam warna seperti putih, kuning, jingga, violet, merah, ungu, atau campuran.

Tanaman yang cantik ini memiliki umbi. Umbi batang dahlia yang digunakan sebagai obat diabetes ini terbilang cukup besar. Insulin yang terdapat di dalam umbi dapat difermentasi oleh enzim tertentu atau jamur tanah. Insulin yang sudah terfermentasi akan berubah menjadi fruktosa, suatu gula yang banyak terkandung di dalam pengawetan makanan atau pembuatan sirup.

Dahlia dapat tumbuh subur di dataran tinggi dengan ketinggian 700—1.000 m dpl. Saat ini dahlia sudah tersebar luas di seluruh dunia, bahkan sudah menjadi salah satu bunga potong yang disukai oleh banyak orang. Tak heran, permintaan dahlia terbilang tinggi.

Bunga cantik ini merupakan bunga resmi dari Kota Seattle, negara bagian Washington, Amerika Serikat.

Hingga saat ini belum ditemukan literatur yang membahas terkait kontraindikasi ataupun efek dari penggunaan umbi dahlia sebagai obat herbal. Namun, jangan gunakan obat herbal sembarangan tanpa pengawasan dokter dan herbalis agar Anda tidak salah dalam menentukan takaran dosis yang harus digunakan.

Baca Juga:  Kenal Lebih Jauh dengan Lengkeng Hawae yang Berkulit Putih

Hingga saat ini masyarakat lebih sering menggunakan dahlia sebagai tanaman hias yang cantik di pekarangan. Tanaman bunga ini tidak begitu sulit ditanam sendiri. Bunga dahlia dapat ikut menyemarakkan pekarangan rumah dengan bunga yang berwarna-warni sehingga terlihat lebih hidup dan berwarna.