Khasiat Bunga Matahari (Helianthus annus)


Pertanianku  Indonesia adalah negara yang memiliki beragam jenis tanaman. Dari jutaan jenis tanaman tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tanaman hias. Pada mulanya tanaman hias digunakan sebagai penghias halaman rumah dan kantor.

Khasiat Bunga Matahari (Helianthus annus)

 

 

Namun, berdasarkan berbagai hasil penelitian membuktikan bahwa di antara beragam tanaman hias tersebut, sebagian memiliki khasiat obat. Tanaman tersebut dapat diramu menjadi obat untuk berbagai penyakit yang lazim diderita oleh masyarakat. Salah satu contoh tanaman hias yang mempunyai khasiat obat adalah Bunga Matahari.

A. Deskripsi Tanaman

Bunga matahari merupakan tanaman perdu satu musim yang tumbuh tegak dengan ketinggian mencapai 2,5 m. Berbatang basah dengan bentuk bulat dan ditumbuhi bulu kasar. Berdaun tunggal dengan bentuk bulat telur dan permukaan kasar. Bunga berbentuk cawan, tumbuh di ujung batang dengan mahkota seperti pita. Warna bunganya kuning dan dibagian tengahnya terdapat bunga-bunga kecil yang menyerupai tabung dengan warna kecokelatan. Buah berbentuk tabung dengan garis tengah sekitar 3 mm dan berwarna putih kotor. Tanaman ini banyak terdapat di daerah yang cukup mendapat sinar matahari. Bunga matahari dapat diperbanyak melalui biji. B. Kandungan dan Khasiat Biji bunga matahari mengandung senyawa kelompok flavonoida, polifenol, β-sitosterol, dan protaglandin. Berkhasiat untuk menurunkan panas tubuh (demam).

B. Ramuan

Bahan:

Biji bunga matahari ………….100 g

Air ……………………………………….. ½ gelas

Cara penggunaan:

Biji disangrai selama 15 menit kemudian ditumbuk hingga hancur. Tambahkan ½ gelas air, lalu aduk hingga menjadi adonan seperti bubur. Adonan dioleskan pada leher dan perut. Lakukan hal tersebut dua kali sehari.

Baca Juga:  Ingin Tidur Nyenyak dan Hilangkan Stres? Coba 5 Jenis Teh Hijau Ini
loading...
loading...