Khasiat Bunga Melati Bagi Kesehatan


Pertanianku – Warnanya yang putih serta memiliki aroma yang semerbak membuat bunga melati menjadi salah satu bunga yang banyak disukai orang. Meski ukuran yang kecil, ternyata bunga satu ini memiliki manfaat yang beragam, itu sebabnya banyak orang yang menyukai bunga yang mempunyai aroma wangi ini.

Khasiat Bunga Melati Bagi KesehatanManfaat di dalam bunga melati yang sering Anda dengar antara lain, dijadikan aksesoris pernikahan terutama pengantin jawa, dan juga sebagai pemanis dekorasi perikahan. Melati juga digunakan sebagai campuran teh. Mencampur teh dengan bunga melati dapat meningkatkan aroma dan cita rasa dari teh tersebut, bunga ini juga dipakai untuk dijadikan parfum. Aroma yang khas dari bunga melati  akan membuat tubuh Anda wangi sepanjang hari.

Selain manfaat-manfaat tersebut, bunga melati juga bermanfaat untuk kesehatan antara lain:

  1. Bunga melati membantu menyembuhkan luka akibat gigita serangga. Caranya, anda cukup mengambil beberapa bunga melati, remas bunga menggunakan tangan lalu oleskan pada bagian yang di gigit.
  2. Melati juga dapat menghentikan ASI yang berlebih. Caranya, haluskan bunga kemudian balurkan di puting payudara Anda. Baik dilakukan setiap pagi sebelum mandi.
  3. Mengkombinasikan bunga serta daun melati untuk mengobati sakit kepala. Caranya, ambil kira-kira 15 helai daun melati dan sepuluh bunga melati. Remas hingga hancur dan tempelkan pada dahi.
  4. Daun melati juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sesak napas. Caranya, rebus 20 helai daun melati dengan tiga gelas air. Kemudian, tiriskan dan minum airnya setiap pagi dan sore.

Manfaat bunga melati sangat banyak bukan. Bunga melati juga mudah untuk ditanam dan dirawat. Anda dapat menanam bunga ini dipekarangan rumah anda. Selain mengambil manfaatnya sebagai obat, dapat membuat ruangan di rumah lebih segar dan harum dengan menanam bunga melati di pekarangan rumah.

Baca Juga:  Lima Makanan Super Ini Terbaik untuk Otak Anda