Khasiat Cabai, Anda Wajib Tahu

Pertanianku — Sayuran buah yang satu ini menimbulkan sensasi pedas pada masakan yang diberikan. Khasiat cabai pun dipercaya bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan. Benarkah demikian?

Khasiat cabai
Foto: pixabay

Bisa dibilang, cabai sudah jadi bumbu pokok di Indonesia. Meskipun tidak semua masakan menggunakan cabai, keberadaannya akan sangat memengaruhi cita rasa masakan. Tak hanya itu, cabai juga jadi bahan dasar pembuatan sambal yang banyak digunakan sebagai pendamping makanan.

Berikut ini beberapa khasiat cabai yang sebaiknya Anda tahu.

Loading...

Pertama, cabai bisa menurunkan berat badan. Rasa pedas yang ditimbulkan oleh cabai ternyata punya dampak yang luar biasa bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan. Hal ini karena kandungan termogenesis atau pembuat rasa pedas yang ada dalam cabai tersebut.

Jika seseorang mengonsumsi cabai, tubuh akan dirangsang untuk mengeluarkan keringat. Kalori dalam tubuh pun akan terbuang. Namun, agar bisa lebih maksimal, hindari memakan menu cabai dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat agar kalori yang masuk ke tubuh tidak terlalu banyak.

Kedua, cabai bisa meningkatkan imunitas tubuh. Beberapa kandungan cabai yang baik untuk tubuh adalah beta karoten dan provitamin A. Dua zat ini bisa berperan sebagai anti-oksidan yang baik untuk imunitas tubuh.

Ketiga, sebagai zat antiradang. Cabai mengandung suatu zat yang disebut capsaisin. Zat ini bisa mengurangi gangguan peradangan pada tubuh. Misalnya, radang sendi, psoriasis, dan neuropati diabetes. Capsaisin juga menjadi anti-oksidan dan membantu penurunan berat badan.

Keempat, cabai bisa digunakan untuk mengurangi gejala hidung tersumbat. Hal ini karena capsaisin bisa merangsang sekresi untuk membantu membersihkan paru-paru dan hidung dari lendir. Dengan begitu, baik paru-paru maupun hidung bisa terhindar dari sumbatan.

Baca Juga:  Dulang Miliaran Rupiah dari Menanam Pisang di Sawah

Terakhir, cabai baik bagi kesehatan kardiovaskular. Beragam jenis cabai bisa terbukti mengurangi kolesterol, kadar trigliserida, dan agregasi platelet. Ketiga gejala tersebut memang berdampak pada jantung yang tersumbat sehingga menimbulkan penyakit kardiovaskuler.

Beragam khasiat cabai bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Namun, mengonsumsi cabai secara berlebihan juga tidak disarankan karena bisa menimbulkan masalah pencernaan.

Loading...
Loading...