Khasiat Dan Manfaat Bunga Kenanga


Pertanianku – Bunga kenanga biasanya identik dengan prosesi tabur bunga pada upacara pemakaman. Bunga ini mudah Anda temui karena beberapa orang menanam bunga kenanga di pekarangan rumah mereka. Ternyata bunga ini punya banyak manfaat.

Khasiat Dan Manfaat Bunga KenangaBeberapa manfaat dari bunga kenanga antara lain :

  1. Bunga kenanga dapat digunakan sebagai jamu tradisional untuk ibu setelah melahirkan. Caranya bunga dikombinasikan dengan kayu rapet, kunyit, jakeling, jalawe, kunci pepet, dan jongrahab. Bahan-bahan tersebut lalu dihaluskan kemudian direndam dengan air panas. Setelah itu, saring airnya sebelum diminum.
  2. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat batuk bronkitis. Caranya, rebus dua kuntum kenanga dengan air sebanyak 350cc tunggu hingga airnya mendidih dan berkurang separuh, kemudian dinginkan air rebusa dan siap dikonsumsi setelah rebusan dingin, baik diminum pagi dan sore hari.
  3. Bunga kenanga juga dapat menjadi obat asma. Caranya, rebus kurang lebih tiga kuntum bunga bersama gula putih dan satu gelas air berisi 350cc, kemudian tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, saring airnya dan siap untuk diminum.
  4. Terakhir, manfaat bunga kenanga untuk kesehatan, yakni, dapat mengobati malaria. Anda dapat menggunakan bunga kenanga sebagai obat malaria dengan cara, siapkan tiga kuntum bunga kenanga, keringkan lalu jemur hingga kering. Setelah kering, campur bunga kenanga kering tersebut dengan air panas dalam gelas, diamkan hingga dingin dan saring airnya. Lalu minum airnya hingga gejala malaraia hilang.

Manfaat yang ada pada bunga kenanga sangat banyak, silahkan Anda mencobanya sendiri.

Baca Juga:  Kangkung Picu Tekanan Darah Tinggi, Mitos atau Fakta?
loading...
loading...