Khasiat Daun Bayam untuk Haid Tidak Teratur

Pertanianku —  Daun bayam ternyata dapat dijadikan sebagai ramuan untuk mengobati haid tidak teratur. Haid yang tidak teratur terjadi jika rentang waktu menstruasi berubah-ubah atau tidak stabil. Kondisi ini sangat sering terjadi di awal pertama kali haid saat masa pubertas. Namun, siklus haid tidak teratur juga sering terjadi karena beberapa faktor.

haid tidak teratur
foto: pixabay

Selain hormon yang tidak seimbang, kondisi stres dan olahraga berlebihan dapat menyebabkan perubahan berat badan naik atau turun secara drastis. Kondisi ini juga menjadi penyebab haid tidak teratur.

Cara mengatasi haid yang tidak teratur sebenarnya cukup mudah. Salah satunya dengan mengonsumsi sayuran. Pada umumnya sayuran merupakan asupan yang bagus sebagai suplai serat dan vitamin untuk tubuh. Sayuran segar seperti wortel, paprika merah, hingga sayur bayam yang mampu menjaga keseimbangan hormon tubuh agar tetap seimbang.

Loading...

Zat besi dan vitamin C banyak terkandung pada daun bayam sehingga bayam mampu mengatasi ketidakseimbangan hormon yang menjadi salah satu faktor penyebab haid tidak teratur. Selain itu, ramuan bayam dapat meredakan nyeri di perut saat haid.

Ramuan bayam untuk mengobati haid tidak teratur dapat dikonsumsi dua kali sehari sebanyak satu gelas setiap satu kali minum. Ramuan ini cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Simak cara pembuatan ramuan daun bayam berikut ini.

Bahan-bahan:

  • Daun bayang duri 1 genggam
  • Batang bayang duri 6 jari
  • Akar bayam duri ½ genggam
  • Air masak 2 gelas

Cara membuat:

  1. Cuci terlebih dahulu semua bahan yakni daun, batang, dan akar hingga bersih
  2. Setelah semua bahan telah bersih, lalu giling atau tumbuk hingga halus.
  3. Masukkan air masak dan madu.
  4. Peras dan saring ramuan agar menghasilkan air ramuan yang dapat dikonsumsi.
Baca Juga:  Resep Jus Buah Nikmat untuk Cegah Penyakit Jantung

Selain rutin mengonsumsi ramuan dari daun bayam untuk membantu haid menjadi lancar, Anda harus banyak minum air putih agar metabolisme tubuh baik, konsumsi makan yang mudah dicerna dan bergizi, kurangi makanan yang terlalu berminyak dan makanan yang memiliki cita rasa manis. Atur konsumsi garam agar tidak berlebihan yang dapat memengaruhi fungsi pembuluh darah. Jangan lupa untuk cukup istirahat.

Loading...
Loading...