Khasiat Daun Binahong Menurut Penelitian


Pertanianku – Di antara famili Basellaceae, binahong termasuk salah satu tanaman yang mempunyai potensi besar untuk diteliti dan dikembangkan sebagai fitofarmaka. Kemampuan binahong menyembuhkan berbagai jenis penyakit ini berkaitan erat dengan senyawa aktif yang ada seperti flavonoid dan saponin.

Riset Daun Binahong Membuktikan

  1. Ampuh atasi gagal ginjal

Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar, Apt dan rekan di Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung membuktikan bahwa binahong dapat mengatasi gagal ginjal. Pada penelitian tersebut, Elin menginduksi tikus dengan nefrotoksik selama tiga hari. Tujuannya agar tikus mengalami gagal ginjal. Kemudian, Elin membagi 25 tikus dalam 5 kelompok dengan kelompok 1 sebagai kontrol positif. Pada kelompok itu, Elin menginduksi nefrotoksik tanpa memberikan ekstrak binahong.

Kelompok 2 menjadi kontrol negatif (normal), tanpa induksi nefrotoksik maupun ekstrak binahong. Kelompok 3—5, Elin memberikan nefrotoksik dan ekstrak binahong dengan dosis masing-masing 50 mg, 100 mg, dan 200 mg per bobot tubuh selama 11 hari. Setelah itu, fungsi ginjal tikus diamati pada hari ke-4 dan ke-11 dengan mengukur kadar kreatinin serum tikus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun binahong dalam tiga dosis berbeda mampu memperbaiki fungsi ginjal tikus yang terlihat dari penurunan kadar kreatinin darah. Penurunan kadar kreatinin darah paling besar terjadi pada pemberian ekstrak daun binahong sebesar 100 mg/kg bobot tubuh. Penurunan kadar kreatinin tersebut terjadi karena adanya homeostasis, yaitu keseimbangan cairan di sekitar sel dengan ion hidrogen. Akibatnya, kerja ginjal membaik dengan pengontrolan asam basa tubuh melalui pembuangan urin. Elin menduga khasiat itu berkat kandungan flavonoid, saponin, kuinon, dan steroid (triterpenoid) pada binahong.

  1. Obat luka mujarab

Saponin memacu pembentukan kolagen, yaitu protein struktur yang berperan dalam proses penyembuhan luka, misalkan luka pada saat olahraga. Luka yang sering terjadi akibat benturan dapat menimbulkan pendarahan di bawah kulit (hematoma), terutama di daerah paha bagian depan atau di punggung. Daun binahong dapat mengurangi rasa nyeri bila digosokkan pada daerah luka.

Baca Juga:  Daun Singkong Bisa Tingkatkan Daya Ingat, Bagaimana Bisa?

Daun binahong juga berfungsi untuk mengurangi inflamasi berupa penurunan sel radang dan peningkatan proliferasi sel-sel fibroblast di jaringan subkutan. Penelitian binahong di Korea Selatan menunjukkan adanya kandungan flavonoid (quercetin) 0,6 mg di dalam 100 g umbi binahong dalam bentuk bubuk kering. Flavonoid dalam menghambat terjadinya inflamasi melalui 2 cara, yakni menghambat pelepasan asam arakidonat dan sekresi enzim lisosom dari sel netrofil dan sel endoteil serta menghambat fase proliferasi dan fase eksudasi dari proses inflamasi. Penelitian Tshikalange pada 2004 menunjukkan akar binahong juga berkhasiat. Ekstrak akar binahong dapat menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus dan E. coli dengan konsentrasi hambat minimumnya sebesar 60 mg/ml.

 

Sumber: Buku Daun Ajaib

 

loading...
loading...