Khasiat Daun Katuk untuk Melancarkan ASI

Pertanianku — Ibu yang sedang menyusui sangat membutuhkan banyak asupan nutrisi, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran. Hal ini karena dapat memengaruhi produktivitas ASI yang akan dikeluarkan. Salah satu sayuran yang sudah terbukti ampuh melancarkan ASI adalah daun katuk.

daun katuk
foto: pertanianku

Berdasarkan sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI pada 2004 menunjukkan ASI dari ibu yang rutin mengonsumsi ekstra daun katuk lebih banyak 50 persen jika dibandingkan dengan ASI yang dihasilkan dari ibu yang tidak rutin mengonsumsi ekstra daun katuk.

Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam daun katuk sangat banyak antara lain karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Selain itu, ada kandungan yang sangat penting untuk memicu produksi ASI, yaitu galactagogue.

Loading...

Daun katuk juga dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral dan meningkatkan daya tahan tubuh ibu yang sedang menyusui sehingga tidak mudah sakit.

Ramuan daun katuk dapat Anda masak sendiri di rumah sesuai dengan selera. Sebagai bahan pelengkap yang tidak kalah sehat dan juga memiliki khasiat memperlancar ASI adalah kacang tanah, kacang kedelai, dan tempe. Semua bahan yang telah Anda siapkan dapat langsung dimasak menjadi sayur.

Kacang kedelai mengandung asam folat serta serat yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui. Kacang kedelai juga mengandung vitamin E yang bagus untuk meningkatkan hormon phytoestrogen untuk ibu hamil. Hormon tersebut adalah hormon estrogen yang secara alami diproduksi oleh tubuh dan membantu kelenjar susu ibu menyusui sehingga mampu memproduksi ASI lebih banyak.

Selain itu, berbagai biji-bijian seperti kacang tanah mengandung mineral yang tinggi. Mineral tersebut dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui untuk merangsang produksi ASI yang lebih optimal. Bukan hanya kacang tanah, melainkan kacang merah, kacang hijau, kacang polong dan jenis kacang-kacangan lainnya juga sangat bagus untuk ibu yang sedang menyusui.

Baca Juga:  Khasiat Asparagus, Pembersih Pembuluh Darah Arteri dari Kolesterol

Kandungan protein pada kacang tanah juga efektif untuk meningkatkan produksi air susu ibu. Sayuran kombinasi antara daun katuk, kacang kedelai, kacang tanah, dan tempe sudah tentu dapat membantu melancarkan ASI ibu yang sedang menyusui.

 

Loading...
Loading...