Khasiat Daun Lobak Ini Sangat Menakjubkan


Pertanianku — Lobak adalah sayuran umbi-umbian yang sekilas mirip kentang atau wortel. Namun tahukah Anda, tak hanya umbinya, khasiat daun lobak juga sangat menakjubkan untuk mengatasi beberapa penyakit.

khasiat daun lobak
Foto: Shutterstock

Lobak biasa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, khususnya dalam membuat acar atau untuk campuran soto. Tanaman asal Cina ini sudah banyak dikembangkan di Indonesia.

Daun lobak juga merupakan bahan makanan yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Di dalamnya terkandung energi sebesar 30 kilokalori, protein 2,3 gram, karbohidrat 5,8 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 140 miligram, fosfor 33 miligram, dan zat besi 4 miligram.

Selain itu, terdapat pula vitamin A sebanyak 1.000 IU, vitamin B1 0,07 miligram dan vitamin C 109 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram daun lobak, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 70%.

Berikut ini beberapa khasiat daun lobak yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengurangi efek pramenstruasi

Asam folat yang terkandung pada daun lobak dapat secara aktif meredakan efek dari sindrom pramenstruasi atau yang lebih dikenal dengan PMS. Sindrom ini terjadi sebelum masuk pada masa haid dan menyerang hampir semua wanita.

  1. Mencegah anemia

Ibu hamil sangat rentan terhadap gangguan anemia saat masa-masa kehamilannya. Nah, kandungan RNA yang ada dalam sayur ini dapat memberikan banyak keuntungan pada ibu hamil.

  1. Mengeluarkan racun

Anti-oksidan yang terdapat pada daun lobak dapat mempermudah tubuh dalam mengeluarkan semua racun berbahaya. Selain dapat dimanfaatkan untuk membersihkan tubuh dari segala bentuk racun, sayuran ini juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah.

  1. Mengurangi nyeri sendi

Sayuran ini mengandung vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang pertumbuhan sel tubuh dan meredakan nyeri pada persendian.

  1. Daun lobak mencegah keriput
Baca Juga:  Khasiat Paprika yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Daun lobak dikenal dalam menghilangkan kerutan pada kaki. Merendamkan kaki pada air yang mengandung daun lobak dalam waktu lama diyakini dapat menghilangkan kerutan pada kaki.

loading...
loading...