Khasiat Daun Teh Untuk Mengobati Penyakit

Pertanianku — Selama ini daun teh hanya dikenal sebagai bahan utama pembuatan minuman teh. Daun teh dikeringkan dan diseduh atau direbus dengan air untuk menghasilkan minuman teh beraroma khas. Minuman teh sudah terkenal hampir di seluruh dunia, bahkan di beberapa negara ada upacara khusus untuk minum teh. Ternyata, selain bisa diolah menjadi minuman, khasiat daun teh bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu.

khasiat daun teh
foto: pixabay

Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi teh saat sesudah atau sebelum makan karena zat yang terkandung di dalam makan bisa dicuri oleh zat stimulan teh. Jangan minum teh pada saat perut kosong karena bisa memicu produksi asam lambung semakin tinggi.

Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah daun dan rantingnya. Tanaman ini mengandung flavonoid, quercetin, kaempfrol, myricetin, polifenol berupa katekin dan flavonoid. Daun teh juga mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta beberapa kandungan mineral lainnya. Agar khasiat daun teh semakin optimal, daun teh bisa diolah menjadi obat herbal.

Loading...

Berikut ini resep ramuan obat herbal dari daun teh.

Mengatasi bisul

Rebus daun teh dan masukkan ke kantung teh. Tempelkan kantung teh tersebut pada bisul selama semalam untuk meredakan bengkak bisul di permukaan kulit.

Meredakan bekas suntikan dan luka bakar

Gunakan daun teh yang sudah dikemas ke dalam kantung dan basahi. Tempelkan kantung teh tersebut pada area bekas luka suntikan untuk meredakan rasa sakit. Kantung teh yang basah juga bisa ditempelkan pada luka bakar untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan yang terjadi. Gunakan beberapa lembar kantung teh basah agar lebih maksimal.

Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap influenza

Gunakan daun teh hijau untuk berkumur-kumur. Jika treatment ini dilakukan rutin, bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda dari serangan influenza yang datang tiba-tiba.

Baca Juga:  Dosis Kulit Manggis yang Aman untuk Dikonsumsi

Meredakan sakit tenggorokan

Campurkan teh dengan potongan lemon atau jeruk nipis, lalu tambahkan tiga sendok madu. Minum ramuan selagi masih hangat untuk meredakan rasa sakit di tenggorokan.

Diare

Saat Anda diare, konsumsi teh kental dan pahit untuk mengobati diare tersebut.

 

 

 

 

Loading...
Loading...