Khasiat di Balik Cantiknya Bunga Krisan

    Pertanianku — Mungkin Anda sudah tidak asing dengan bunga krisan, bunga cantik yang sering dijadikan sebagai bunga potong. Bunga ini sering digunakan sebagai rangkaian bunga atau dekorasi pada acara-acara formal seperti pernikahan. Namun, tahukah Anda bahwa bunga ini memiliki khasiat untuk kesehatan. Ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan bunga krisan.

    bunga krisan
    foto: Trubus

    Di Jawa, tanaman cantik ini sering disebut sebagai seruni atau seruni hutan. Krisan atau Chrysanthemum indicum merupakan herba tahunan yang tidak dapat tumbuh lebih dari 1 meter. Ada banyak jenis krisan yang bisa Anda jumpai. Setiap jenis bunga tersebut memiliki bentuk bunga yang berbeda-beda.

    Salah satu daya tarik dari tanaman ini adalah bunganya yang berwarna-warni. Anda bisa menjumpai krisan berwarna putih, kuning, pink, merah, dan cokelat. Bahkan, ada beberapa krisan yang memiliki perpaduan dua warna yang indah.

    Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah daun dan bunga. Bagian tersebut mengandung acacetin, acacin, arteglasin A, camphor, flavonoid, sesquiterpene, lactone, dan minyak atsiri.

    Kandungan yang terdapat di dalam bunga krisan bisa digunakan untuk mengatasi mulas, batuk, rasa nyeri di perut, sakit kepala, dan sakit mata.

    Untuk mendapatkan khasiat krisan, Anda perlu mengolah bunga ini terlebih dahulu. Bunga krisan bisa diolah menjadi teh untuk mengatasi rasa mulas pada perut dan susah mengeluarkan keringat.

    Bunga juga bisa dihirup begitu saja untuk mengatasi batuk dan sakit kepala. Untuk mengatasi bengkak dan radang selaput lendir mata, Anda bisa memasak krisan terlebih dahulu, lalu kompreskan ke kepala saat masih hangat-hangat kuku.

    Ramuan herbal dari krisan, sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita hamil karena bisa menstimulan rahim. Obat herbal bunga krisan juga bisa memberikan efek samping berupa gangguan di bagian mulut dan lambung. Oleh karena itu, konsumsi krisan sebagai obat herbal harus dilakukan dengan dosis yang wajar.

    Baca Juga:  Tips Mengolah Sayuran Pakcoy agar Nutrisinya Tidak Menghilang

    Belakangan, daun krisan sering diolah untuk dijadikan teh atau panganan yang sedap dan berkhasiat. Bunga cantik ini mengandung antioksidan dan berkhasiat untuk mengendalikan kolesterol, penyakit gula, dan digunakan sebagai pelangsing tubuh.

     


    loading...