Khasiat Gandasuli sebagai Tanaman Obat

Pertanianku Tanaman gandasuli (Hedychium coronarium J. Koenig) yang terlihat indah ternyata menyimpan khasiat untuk kesehatan tubuh. Gandasuli berkhasiat untuk mengobati bengkak, radang tenggorokan, dan peluruh haid. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai bahan baku kosmetik. Tanaman gandasuli mengandung saponin, flavanoida, dan polifenol.

tanaman gandasuli
foto: Pixabay

Apabila digunakan untuk peluruh haid, siapkan bunga gandasuli segar sebanyak 10 gram. Rebus bunga segar tersebut dengan satu gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan hasil saringan bisa diminum sekaligus.

Sementara itu, untuk menghilangkan pegal linu, Anda bisa menggunakan rimpang gandasuli, sereh beserta akarnya, dan jahe merah. Seluruh bahan-bahan tersebut direbus hingga mendidih. Selanjutnya, air rebusan yang masih hangat digunakan sebagai air mandi untuk menghilangkan pegal linu.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini diketahui mengandung ekstrak methanol dan diklorometan yang dapat dijadikan sebagai antibakteri. Bakteri yang dapat dilawan adalah Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Bacillus megaterium, dan Sarcina lutea.

Masyarakat di Maluku biasanya menggunakan air batang tanaman gandasuli untuk obat amandel dan bengkak di leher. Caranya, bagian tanaman tersebut dioleskan pada leher yang bengkak.

Sampai saat ini belum ditemukan literatur yang menyebutkan kontraindikasi ataupun efek samping penggunaan gandasuli sebagai obat herbal. Namun, Anda tetap disarankan untuk berhati-hati, terutama untuk wanita hamil dan menyusui sebaiknya hindari konsumsi tanaman ini.

Di Kuba, tanaman gandasuli merupakan bunga nasioal yang dikenal dengan nama mariposa blanca.

Bagian tanaman gandasuli yang lembek dapat digunakan sebagai bahan baku kertas. Kertas dari tanaman cantik ini dapat mengisap tinta, tetapi minyak dapat menembus kertas tersebut.

Tanaman gandasuli memiliki nama sebutan yang berbeda di beberapa daerah, seperti di Jawa dikenal sebagai gondasuli, sedangkan di Halmahera disebut dagasuli atau dagahuli. Salah satu bagian yang paling mudah dikenali dari tanaman ini adalah bunga majemuk tanaman yang berwarna putih dan mengeluarkan aroma harum.

Baca Juga:  Manfaat Kulit Semangka yang Sering Terbuang Sia-Sia