Khasiat Golden Berry untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku Golden berry (Physalis peruviana) atau lebih dikenal dengan nama ciplukan atau ceplukan merupakan tanaman liar yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Khasiat golden berry di antaranya mengatasi penyakit diabetes melitus, sakit paru-paru, obat bengkak, dan borok.

golden berry
foto: Pixabay

Di beberapa daerah buah golden berry memiliki sebutan berbeda-beda. Misalnya, cecendet di Sunda, yoryoran di Madura, kepok-kepok atau ceplokan di Bali, dan leletokan di Minahasa.

Tanaman ini diduga berasal dari kawasan tropis Amerika dan sangat mudah tumbuh di Indonesia. Anda dapat menjumpai ciplukan tumbuh secara alami di semak-semak dekat pemukiman hingga di pinggiran hutan.

Khasiat lain dari golden berry antara lain antihiperglikemik, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan, anti-inflamasi, antioksidan, analgesik, sitotoksis, peluruh air seni, menetralkan racun, meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar di dalam tubuh, dan antitumor.

Seluruh bagian tanaman ciplukan bisa digunakan sebagai obat herbal. Bagian tunas tanaman mengandung saponin dan flavanoid. Daun tanaman mengandung flavanoid dan chlorogenik acid. Sementara itu, buah tanaman mengandung polifenol, fisalin, withangulatin A, tannin, kriptoxantin, vitamin C, dan gula.

Bagian biji golden berry yang dapat dimanfaatkan sebagai benih tanaman mengandung asam palmitat dan stearat. Pada bagian akarnya terdapat alkaloid. Sebenarnya, hingga saat ini belum ada literatur yang membahas efek samping tanaman ciplukan sebagai obat herbal, tetapi ibu hamil dan menyusui serta anak-anak harus lebih waspada ketika ingin mengonsumsinya. Sebaiknya, lakukan di bawah pemantauan dokter atau herbalis.

Berikut ini beberapa ramuan herbal dari golden berry sebagai obat herbal.

Obat diabetes melitus

Cabut tanaman yang sudah berbuah dengan akarnya, lalu bersihkan. Layukan tanaman, kemudian rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih atau sampai air rebusannya tersisa satu gelas. Selanjutnya, saring ramuan dan minum ramuan satu kali sehari.

Baca Juga:  Manfaat Buah dan Biji Nangka sebagai Obat Herbal

Sakit paru-paru

Rebus tanaman yang masih lengkap hingga airnya mendidih. Minum air rebusan tiga kali sehari sebanyak satu gelas.

Luka bengkak

Panaskan daun golden berry yang masih segar sebanyak 5 lembar di atas api hingga daun layu. Setelah itu, tempelkan daun pada luka yang bengkak dalam keadaan hangat.

Borok

Tumbuk satu genggam daun, kemudian tambahkan dua sendok air kapur sirih dan tumbuk lagi hingga halus. Tempelkan ramuan pada bagian yang sakit.