Khasiat Jambu Air yang Sering Dilupakan

Pertanianku — Jambu air berasal dari Asia Tenggara dan kini sudah menyebar ke seluruh dunia. Nama ilmiah dari jambu yang mengandung banyak air ini adalah Syzygium aqueum. Jambu ini baik dikonsumsi ketika Anda sedang mengalami dehidrasi karena kekurangan air. Khasiat jambu air untuk kesehatan tidak sekadar melepaskan dahaga. Jambu ini juga bisa digunakan untuk mencegah dehidrasi, meningkatkan kesuburan, dan masih banyak lagi.

khasiat jambu air
foto: pertanianku

Jambu air tumbuh subur di Indonesia. Anda pasti mudah menemukan pohon jambu yang tertanam di pekarangan rumah. Selain itu, pohon jambu air terkenal sangat mudah berbuah.

Buah ini sering dikonsumsi dalam keadaan segar karena rasanya yang menyegarkan, manis asam dan sedikit sepat. Masyarakat juga sering mengolah buah ini menjadi asinan, rujak buah, dan olahan lain.

Loading...

Jambu air mengandung air sebanyak 93 gram, kalori 25 kkal, protein 0,6 gram, karbohidrat 5,7 gram, kalsium 29 mg, besi 0,07 mg, magnesium 5 mg, fosfor 8 mg, potassium 123 mg, zinc 0,06 mg, sodium, CU 0,016 mg, mangan, vitamin C 22,3 mg, thiamin 0,02 mg, niacin 0,8 mg, dan riboflavin 0,03 mg.

Kadar air yang cukup tinggi di dalam jambu air bisa digunakan untuk mengatasi dehidrasi. Setiap 100 gram jambu air, 93 persen efektif mengatasi permasalahan dehidrasi. Selain itu, kandungan air buah ini juga bisa meningkatkan mood yang mengonsumsinya.

Kandungan vitamin C di dalam jambu air berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh, termasuk sel sperma dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, khasiat jambu air bisa digunakan untuk meningkatkan kesuburan pria.

Vitamin A yang terkandung dalam buah bisa digunakan utnuk menjaga kesehatan mata agar bisa berfungsi dengan optimal, meskipun sudah menua. Selain itu, vitamin A tersebut juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan meningkatkan kinerja sel darah putih yang disebut dengan antibodi.

Baca Juga:  Tips Membuat Pohon Jambu Air Khiojok Cepat Berbuah Lebat

Bagi pekerja yang sering bekerja di depan layar laptop, disarankan untuk memakan jambu air untuk menjaga kesehatan mata. Ekstrak jambu air juga bisa digunakan untuk mencegah diare. Sementara itu, di India, bunga jambu air sering digunakan untuk menurunkan panas pada anak-anak.

Loading...
Loading...