Khasiat Jamur Enoki Bisa Jadi Pencegah Kanker


Pertanianku — Meski bentuknya kecil dan ramping, jamur enoki ternyata memiliki banyak nutrisi. Selain itu, khasiat jamur enoki juga baik untuk kesehatan tubuh manusia, termasuk sebagai pencegah kanker.

khasiat jamur enoki
Foto: Smithy Mushroom

Jamur enoki atau enokitake merupakan jenis jamur yang dapat dikonsumsi. Jamur ini berbentuk seperti batang kurus berwarna putih. Jamur yang memiliki nama Latin Flammulina velutipes ini biasanya dijadikan bahan untuk membuat sup dan hidangan lain.

Apabila Anda membeli jamur enoki dalam jumlah besar, jangan takut busuk. Jamur enoki dapat disimpan dalam lemari es selama kurang lebih satu minggu. Dan yang terpenting, jamur enoki memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat.

Kandungan dan manfaat jamur enoki

Dalam 100 gram jamur enoki mentah kira-kira terkandung air, energi, karbohidrat, kalium (potasium), fosfor, magnesium, niacin, folat, vitamin D, dan banyak nutrisi lainnya.

Jamur enoki juga mengandung anti-oksidan hingga 99,7% yang bisa mencegah serangan radikal bebas. Anti-oksidan ergothioneine dalam jamur ini diduga mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh spesies nitrogen reaktif dan radiasi UV.

Jamur enoki kaya akan polisakarida yang bisa digunakan sebagai bahan makanan kesehatan dan dan produk kosmetik. Banyaknya serat dalam jamur enoki diduga dapat mempercepat penguraian kolesterol hingga mengurangi tingkat trigliserida, kolesterol total, lemak jahat atau LDL, dan fosfolipid dalam hati.

Kandungan mycosterol dalam jamur enoki pun diduga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol total dan LDL dalam darah.

Hebatnya lagi, jamur enoki memiliki zat antitumor flammulin yang diduga berfungsi sebagai agen antikanker payudara. Zat ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Baca Juga:  Waspada! Daging Ayam Bisa Sebar Wabah Penyakit Ini