Khasiat Jantung Pisang Bisa Atasi 7 Penyakit Serius Ini

Pertanianku — Pisang termasuk salah satu tanaman yang kaya manfaat. Tak hanya buahnya, ternyata bunganya atau yang biasa disebut jantung pisang juga mengandung banyak manfaat sebagai obat beberapa penyakit serius. Apa saja khasiat jantung pisang untuk kesehatan?

khasiat jantung pisang
Foto: Pixabay

1. Mengurangi perdarahan berlebih saat menstruasi

Sering merasa cemas, karena menstruasi yang terlalu deras? Tidak perlu cemas karena jantung pisang bisa membantu masalah Anda. Kandungan dalam jantung pisang bisa merangsang produksi hormon progesterone dalam tubuh sehingga mengurangi perdarahan yang berlebihan.

Loading...

2. Menyembuhkan diabetes

Kandungan serat alami dalam jantung pisang tidak hanya mengenyangkan lebih lama, tapi juga  menurunkan kadar gula darah dan menjaga kadar insulin sehingga sangat cocok bagi penderita diabetes.

3. Mengatasi anemia

Dalam jantung pisang terdapat kandungan zat besi tinggi sehingga meningkatkan produksi sel darah merah dan hemoglobin. Hal ini tentu sangat membantu penderita anemia untuk terhindar dari masalahnya.

4. Mencegah infeksi

Kandungan ekstrak etanol dalam jantung pisang bermanfaat menghambat pertumbuhan bakteri patogen sehingga bagus untuk mencegah infeksi.

5. Mencegah penyakit kanker

Kandungan flavonoid dalam jantung pisang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu munculnya tanda-tanda penuaan dini dan kerusakan sel yang berpotensi menjadi kanker.

6. Antidepresan alami

Sering merasa bad mood? Atasi saja dengan jantung pisang karena kandungan magnesium dalam jantung pisang dapat membuat mood Anda membaik. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari depresi yang dapat berujung pada penyakit serius.

7. Mengatasi diare

Diare termasuk salah satu penyebab kematian. Karena itu, jangan pernah mengabaikan penyakit diare. Jantung pisang bisa menjadi obat diare alami karena kandungan nutrisi dalamnya  bermanfaat membantu menyerap cairan dan menormalkan fungsi kolon pada usus besar.

Baca Juga:  Cara Merangsang Tanaman Buah Berproduksi dengan Penyiraman Air
Loading...
Loading...