Khasiat Jintan Hitam untuk Mengatasi Asam Urat

Pertanianku Jintan hitam merupakan rempah-rempah berbentuk biji berwarna hitam. Tanaman rempah ini tergolong perdu dengan tinggi pohonnya yang hanya 50 cm. Saat ini jintan hitam terkenal sebagai salah satu rempah berkhasiat. Salah satu penyakit yang dapat diatasi oleh rempah ini adalah asam urat.

jintan hitam
foto: Pixabay

Jintan hitam sebagai obat herbal dikenal sejak ribuan tahun lalu. Rempah-rempah ini bahkan menjadi obat tradisional yang cukup terkenal dan menjadi primadona. Dahulu, jintan hitam banyak digunakan di daerah Timur Tengah seperti Jazirah Arab, Afrika bagian utara, hingga India dan Pakistan. Bahkan, ilmuwan terkenal sekelas Ibnu Sina (980–1037 M), ikut meneliti manfaat rempah-rempah ini.

Jintan hitam mengandung protein, Omega-3, Omega-6, minyak atsiri, asam lemak, vitamin A, C, D, serta zat antiperadangan. Kandungan asam amino esensial pada rempah ini sangat bermanfaat bagi proses penyembuhan asam urat. Berikut beberapa khasiat jintan hitam untuk asam urat.

  1. Menyembuhkan rematik dan menetralkan kadar asam urat dalam tubuh.
  2. Meredakan nyeri dan linu pada persendian secara sistematik.
  3. Sebagai terapi bertahap untuk proses penyembuhan asam urat.
  4. Menyembuhkan pembengkakan dan meredakan rasa nyeri sekitar persendian yang diakibatkan asam urat.
  5. Melancarkan peredaran darah sekitar persendian.
  6. Memperbaiki dan meningkatkan sistem imunitas tubuh terhadap serangan bakteri dan virus agar penderita asam urat tidak mengalami komplikasi.
  7. Mengurangi produksi zat purin di dalam tubuh.
  8. Membantu ginjal untuk mengeluarkan zat purin melalui air seni dan feses (buang air besar) secara bertahap.

Cara memanfaatkan jintan hitam sebagai obat asam urat cukup mudah dilakukan. Pertama, ambil sekitar ¾ gram jintan, seduh dengan air panas. Setelah itu, tunggu selama 10 menit, lalu tambahkan madu, dan ramuan sudah bisa diminum. Anda bisa mengonsumsi ramuan sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal.

Baca Juga:  Konsumsi Salak, Cara Sederhana Turunkan Kolesterol