Khasiat Kaktus untuk Kesehatan Kulit Ternyata Sangat Menakjubkan


Pertanianku — Saat ini kaktus sudah menjadi tren tanaman hias yang diminati banyak orang. Tahukah Anda, khasiat kaktus ternyata tak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

khasiat kaktus
Foto: Pixabay

Penggunaan kaktus sebagai bahan baku dari produk perawatan kulit memang masih tergolong minim. Meski demikian, belakangan ini sudah mulai banyak produk perawatan kulit yang mengandalkan ekstrak kaktus sebagai salah satu komposisinya. Nah, apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Mencegah penuaan dini

Berkat kandungan anti-oksidannya yang berlimpah, kaktus mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Salah satu jenis anti-oksidan yang dapat Anda temui pada kaktus adalah betalains, yakni anti-oksidan super yang dapat mengurangi pembentukan garis halus dan keriput.

Kaktus juga kaya akan kandungan vitamin E yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit. Tak hanya itu, tanaman gurun ini juga kaya akan vitamin K yang dapat membantu mencerahkan area gelap di bawah mata.

  1. Memperbaiki sel kulit yang rusak

Selain dapat mencegah penuaan dini, anti-oksidannya yang sangat tinggi pada kaktus juga bisa membuat regenerasi kulit menjadi lebih cepat sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan segar. Kemerahan dan hiper pigmentasi pada kulit juga dapat diatasi dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung kaktus.

  1. Melawan radikal bebas

Radikal bebas seperti yang berasal dari radiasi sinar UV, polusi udara, hingga asap rokok dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada sel dan jaringan kulit. Molekul dari radikal bebas dapat dilawan menggunakan anti-oksidan.

Kandungan betalain pada kaktus dapat melenyapkan radikal bebas pada tubuh. Kandungan flavanoid dan vitamin E pada tanaman ini juga dapat melawan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas.

  1. Sebagai anti-inflamasi
Baca Juga:  Sejuta Manfaat Chamomile untuk Kecantikan

Kondisi inflamasi atau peradangan yang terjadi pada wajah seringkali menyebabkan terjadinya dampak buruk. Misalnya, sel kolagen yang rusak dan dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Penggunaan produk perawatan kulit dengan kandungan kaktus dapat mencegah inflamasi itu karena kandungan flavonoid (jenis senyawa yang memiliki manfaat anti-inflamasi) yang ada pada kaktus.

Selain itu, kaktus memiliki analgesic properties, sebuah kandungan yang dapat meredakan peradangan dan rasa sakit. Tak heran jika banyak yang mengandalkan tanaman ini sebagai obat untuk mengatasi luka pada kulit dan masalah luka dalam lainnya.

loading...
loading...