Khasiat Kesehatan Daun Sukun

Pertanianku — Nama sukun memang tidak begitu terkenal seperti pohon buah lainnya karena masih sedikit masyarakat yang mengolah buahnya menjadi makanan. Buah ini lebih sering diolah menjadi makanan tradisional seperti dijadikan keripik, padahal buah sukun bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik dan daun sukun bisa menjadi obat herbal. Pohon sukun bisa tumbuh hingga mencapai 30 m dengan batang besar dan lurus.

daun sukun
foto: pertanianku

Tajuk dari pohon suku renggang, percabangan mendatar dan berdaun besar yang tersusun berselang-seling. Pohon sukun bisa ditanam sebagai tanaman peneduh dan pelindung dari matahari, debu, dan angin.

Buah sukun bisa berpotensi menjadi makanan bayi yang kaya akan karbohidrat. Selain buahnya yang bisa dimanfaatkan menjadi berbagai olahan masakan, bagian daun pohon sukun bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Loading...

Daun sukun yang berukuran besar, tersusun berselang-seling, berbagi menyirip dalam, liat agak keras, berwarna hijau tua di sisi atas, kusam memiliki kandungan polifenol, asma hidrosionat, tannin, quercetin, dan artoindosionin.

Kandungan yang ada di dalam daun buah ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit ginjal, jantung, penurunan kolesterol, antikanker, liver, dan asam urat.

Cara memanfaatkannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencari selembar daun sukun yang sudah tua, lalu dijemur hingga kering. Rebus dengan lima gelas air hingga mendidih. Setelah mendidih, tambahkan air lagi hingga jumlah airnya kurang lebih lima gelas.

Angkat dan dinginkan air rebusan daun sukun tersebut. Minum rebusan air sukun secara rutin selama satu bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sudah sejak lama daun sukun digunakan dalam pengobatan tradisional, daun sukun sering digunakan untuk mengobati penyakit hati, inflamasi, jantung, dan ginjal. Di Taiwan, daun sukun digunakan untuk menyembuhkan sirosis. Ternyata, daun ini pernah akan dikembangkan menjadi obat untuk mengatasi diabetes.

Baca Juga:  Resep Ramuan Mengkudu yang Sangat Berkhasiat untuk Kesehatan

Bunga pohon sukun adalah bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan berbentuk gada panjang dan menggantung, sedangkan bunga betina berbentuk bulat atau agak silindris berwarna hijau. Bunga jantan pohon sukun bisa dimanfaatkan untuk obat nyamuk. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengeringkan bunga jantan tersebut.

Jika Anda akan mengonsumsi obat herbal berbahan dasar daun sukun, sebaiknya tidak bersamaan dengan mengonsumsi makanan seperti jeroan, sayur bayam, kangkung, dan daun singkong karena bisa menyebabkan otot kram.

 

Loading...
Loading...