Khasiat Kolang-Kaling yang Kenyal nan Manis

Pertanianku — Tahukah Anda, kolang-kaling atau buah atep merupakan biji dari buah aren. Biasanya, biji aren ini dikonsumsi langsung dengan cara direbus bersama beberapa rempah atau dicampurkan ke dalam menu es buah. Buah atep semakin sering ditemui di bulan puasa atau Ramadan sebagai menu untuk berbuka puasa. Selain rasanya enak dan teksturnya yang lembut nan kenyal, kolang-kaling menyimpan berbagai khasiat yang sangat bagus untuk tubuh.

kolang-kaling
foto: Oleh W.A. Djatmiko (Wie146) – Karya sendiri, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=4702965

Meredakan nyeri sendi

Buah atep yang dikonsumsi secara rutin menjadi camilan dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi. Buah atep hanya perlu direbus hingga matang, lalu dibiarkan hingga suhunya menurun. Secara empiris, kolang-kaling memang dapat menyembuhkan radang sendi. Namun, sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang dapat mendukung bukti empiris tersebut. 

Kandungan di dalam kolangkaling

Kolang-kaling kering mengandung 5,2 persen protein, 0,4 persen lemak, 2,5 persen abu, 39 persen serat kasar, dan 52,9 persen karbohidrat. Kandungan karbohidrat di dalam biji buah aren ini umumnya adalah galaktomanan.

Galaktomanan adalah polisakarida yang terdiri atas rantai mannose dan galaktosen. Banyak industri makanan yang menggunakan senyawa tersebut sebagai penggumpal. Galaktomanan berfungsi mencegah es krim mencair. Industri makanan lain yang juga menggunakan galaktomanan adalah keju, buah kalengan, dan bumbu salad.

Berdasarkan hasil penelitian di Departemen Fisiologi dan Farmakologi, Universitas Federal, Fortaleza, Brasil, Rondinelle Riberio Castro, menunjukkan kandungan galaktomanan memang ampuh untuk mengatasi radang sendi. Penelitian tersebut menggunakan larutan yang mengandung 100 mikrogram galaktomanan pada tikus yang menderita osteoaritritis. 

Mengandung banyak serat

Kolang-kaling mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bagus untuk melancarkan sistem pencernaan. Kadar serat di dalam biji aren ini mencapai 39 persen.

Baca Juga:  Atasi Asam Urat dengan Buah Adas

Khasiat lain dari kolang-kaling

Khasiat lain dari biji aren adalah menguatkan tulang balita, membersihkan usus, maag, dan membantu pertumbuhan tulang janin.

Sumber kalsium

Setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Jumlah tersebut tergolong tinggi bila dibandingkan dengan 100 gram susu sapi murni yang mengandung 125 mg kalsium. Oleh karena itu, buah atep bisa Anda manfaatkan sebagai sumber kalsium untuk mencegah osteoporosis.