Khasiat Kulit Buah Naga untuk Burung Puyuh

Pertanianku — Peternak burung puyuh dapat memanfaatkan kulit buah naga untuk mengobati burung puyuh dari serangan bakteri dan meningkatkan bobot badan. Buah naga merupakan buah yang cukup mudah didapat dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, tak sulit untuk mendapatkan kulit buah naga bila ingin digunakan oleh peternak, apalagi masih sedikit orang yang memanfaatkan bagian buah ini.

kulit buah naga
foto: pixabay

Hasil pengujian menunjukkan semakin tinggi ekstrak kulit buah naga, akan semakin tinggi pula daya hambatnya terhadap pertumbuhan Salmonella. Ekstrak kulit buah naga dengan kadar 5 persen sudah mampu menghambat 6 mm pertumbuhan bakteri Salmonella penyebab diare yang sangat berbahaya untuk ternak unggas.

Bakteri Salmonella menyerang unggas melalui pakan atau minuman yang telah terkontaminasi. Diare dapat menyebabkan kematian hingga 80 persen. Selain itu, diare juga dapat menurunkan produktivitas unggas secara drastis, terutama untuk puyuh yang masih berada pada fase starter (2–3 bulan). Oleh karena itu, penyakit ini dapat merugikan peternak bila tidak ditangani dengan cepat.

Gejala serangan diare bisa terlihat dari burung puyuh kedinginan serta terkulai lemah. Burung akan cenderung mendekat ke sumber pemanas. Puyuh yang sedang sakit juga mengalami dehidrasi berkepanjangan.

Selama ini peternak menggunakan antibiotik yang diberikan melalui air minum. Namun, penggunaan antibiotik telah dilarang sejak 2009 dan berlaku pada awal 2018. Dengan begitu, kulit buah naga bisa menjadi solusi bagi peternak untuk mengatasi penyakit yang dapat menyebabkan kerugian.

Penambahan ekstrak buah naga ke air minum dapat membuat warna air berubah, tetapi perubahan tersebut tidak memengaruhi selera burung puyuh. Aplikasi ekstrak kulit buah naga menunjukkan hasil yang positif. Angka kematian burung puyuh menurun jadi 1,6 persen.

Baca Juga:  Indonesia Kembali Ekspor Daging Ayam ke Singapura

Ekstrak kulit buah berwarna merah ini tak hanya mampu melindungi burung dari diare, tapi juga mampu menambah bobot burung sebesar 2,83 gram per ekor per hari.

Khasiat ekstrak tersebut disebabkan oleh kulit buah naga mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, steroid, triptrenoid, dan saponin. Senyawa-senyawa tadi berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan.