Khasiat Kulit Manggis Untuk Tumor dan Kanker


Pertanianku – Kulit manggis juga berkhasiat melawan pembunuh nomor tiga di Indonesia, yaitu kanker. Berdasarkan beberapa penelitian di dalam maupun luar negeri secara in vitro serta bukti empiris, ternyata kulit manggis terbukti ampuh. Ekstrak kulit manggis dapat menghambat perkembangan beberapa jenis sel kanker, antara lain tumor dan kanker payudara, tumor otak, kanker usus besar, paru, hati, hingga leukemia.

Kulit Manggis Untuk Tumor dan Kanker

Penelitian R. Watanapokasin serta para peneliti dari Faculty of Medicine, Srinakharinwirot University, Thailand, membuktikan bahwa kandungan xanthone dalam kulit manggis dapat memperkecil ukuran sel kanker usus besar COLO 205. Xanthone dalam kulit manggis tak hanya menghambat perkembangan sel kanker tersebut, tetapi juga memicu kematiannya melalui mekanisme apoptosis atau program bunuh diri sel. Dengan adanya apoptosis tersebut, perkembangan sel kanker terhambat dan ukurannya akan mengecil.

Hal itu dibuktikan pada uji coba dengan tikus yang diinduksi tumor usus besar. Pertumbuhan tumor terhambat ketika xanthone manggis dosis kecil disuntikkan langsung ke tumor. Namun, saat dosis ditingkatkan, ukuran tumor mengecil dan beberapa tikus percobaan itu hilang sama sekali. Kesimpulannya, xanthone dalam kulit manggis berpotensi sebagai agen kemoterapi kanker.

Penelitian di Departemen Farmakologi dan Farmasi klinik, Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada, memperlihatkan terdapat puluhan senyawa golongan xanthone yang terkandung di kulit manggis. Senyawa yang paling banyak dilaporkan berefek farmakologis antara lain alpha mangostin, gammamangostin, dan garcinone E. Senyawa alpha mangostin dan garcinon E itulah yang berperan menghambat proliferasi sel kanker dengan cara mengaktivasi enzim kaspase 3 dan 9 yang memicu apoptosis.

Berdasarkan penelitian P. Moongkarndi dan peneliti dari Faculty of Pharmacy, Mahidol University, Thailand, ekstrak metanol kulit manggis terbukti memiliki efek antiproliferasi kuat, efek antioksidan, dan memicu apoptosis. Namun, efeknya tergantung pada dosis dan lama waktu pemakaian. Pada penelitian itu, Moongkarndi mengujikan beragam konsentrasi ekstrak metanol kulit manggis pada sel kanker payudara SKBR3. Ternyata, ekstrak metanol kulit manggis dapat membunuh separuh sel kanker uji pada dosis 9,25±0,64 μg/ml.

Baca Juga:  Satu Pohon Menghasilkan Aneka Jenis Buah, Bagaimana Bisa?

 

Sumber: Buku Ramuan dan Khasiat Kulit Mangis

loading...
loading...