Khasiat Leunca untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku — Leunca sering disajikan sebagai lalapan yang dikonsumsi secara mentah atau diolah menjadi panganan yang lezat. Lalapan leunca lebih mudah ditemui ketika Anda berkunjung ke warung makan Sunda atau saat berada di Jawa Barat. Ternyata, leunca bukan sekadar lalapan yang dapat menambah lezat ketika menyantap makanan. Tanaman ini juga memiliki khasiat. Khasiat leunca tersebut bisa mengatasi tekanan darah tinggi.

khasiat leunca
foto: Pertanianku

Bagian yang bisa dimanfaaatkan adalah daun dan buah leunca. Buah leunca mengandung solasonine, solasoodine, solamargine, dan solanine.

Kandungan solasodine memiliki efek untuk menghilangkan rasa sakit, menurunkan panas, antiradang, dan antisyok. Sementara itu, kandungan solamargine dan solasonien berefek sebagai antibakteri, sedangkan senyawa solanine berperan sebagai antimitosis. Seluruh senyawa itu bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan kanker yang terjadi di payudara, leher rahim, lambung, dan saluran pernapasan.

Untuk mengatasi permasalahan darah tinggi, Anda bisa menggodok daun yang masih segar atau yang sudah dikeringkan maksimal sebanyak 50 gram dengan tiga gelas air.

Godok daun tersebut hingga airnya menyusut hingga tersisa satu gelas. Air rebusan daun leunca bisa diminum secara rutin sebanyak tiga kali sehari.

Selain darah tinggi, khasiat leunca juga dapat mengatasi penyakit herpes, borok, kanker, melancarkan buang air kecil, menyembuhkan sakit perut, batuk, dan mengurangi sel darah putih di dalam tubuh.

Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di kulit seperti bisul, radang kulit bernanah, eksim, dan digigit ular, Anda bisa menggunakan buah leunca yang sudah dilumatkan atau direbus terlebih dahulu. Gunakan air rebusan untuk membasuh kulit yang bermasalah.

Namun, mengonsumsi leunca secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya karena bisa menyebabkan seseorang keracunan. Pada daun yang sudah tua mengandung glikoalkaloid solanin, sedangkan buah mentah yang dikonsumsi secara mentah terkandung alkaloid yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Sederet Manfaat Bunga Melati, Bunga yang Mewakili Karakter Indonesia

Mengonsumsi daun leunca secara berlebihan dapat menyebabkan seseorang mengalami muntah-muntah, iritasi lambung, banyak keluar air liur, mengantuk, sakit perut, diare, lemas, gemetar, serta gangguan pernapasan.

Oleh karena itu, meskipun leunca baik bagi kesehatan, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi tanaman ini dalam jumlah yang besar, apalagi jika sampai berlebihan.


loading...