Khasiat Menakjubkan Ikan Asin


Pertanianku — Keberadaan ikan asin kering tidak boleh dipandang remeh. Selain ikan segar, ikan asin kering yang beraneka ragam jenisnya ini juga ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan lho. Bahkan, banyak orang yang tidak mengetahui khasiat menakjubkan ikan asin ini.

khasiat menakjubkan ikan asin
Foto: Google Image

Ikan yang biasa dijual menggunakan bungkusan plastik ini mengandung gizi yang cukup kompleks. Kadar garamnya yang tinggi baik untuk mencegah penyakit gondok dan merangsang perkembangan fungsi otak. Selain itu, ikan asin juga bisa menambah nafsu makan karena rasanya yang sangat menggugah selera.

Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan, berikut ini manfaat ikan asin lainnya yang harus Anda ketahui.

  1. Sebagai sumber protein

Protein bisa Anda dapatkan dari hewan dan biji-bijian. Protein hewani lebih banyak pemanfaatannya dibanding protein nabati. Selama ini, masyarakat sudah familiar dengan telur, ayam, sapi, dan kambing sebagai sumber protein hewani. Padahal, ikan juga merupakan sumber protein tinggi dan ternyata, ikan asin kering juga mengandung protein yang baik.

  1. Bisa menggemukkan badan

Bertubuh kurus dianggap bencana bagi sebagian orang karena bisa mengurangi kepercayaan diri. Berbagai cara sudah dilakukan, tapi tak pernah berhasil menggemukkan badan.

Tapi, sudahkah Anda mencoba konsumsi ikan asin kering? Gemuk di sini tidak berarti gemuk air atau gemuk lemak, melainkan gemuk berisi karena pertumbuhan jaringan otot yang sempurna. Itu didapatkan dari konsumsi ikan asin yang juga memiliki nilai gizi cukup baik untuk tubuh.

  1. Membuat tubuh jadi langsing

Selain khasiatnya yang bisa menggemukkan tubuh Anda, ternyata ikan asin kering juga bisa melangsingkan. Mengapa demikian? Sebab, ikan asin kering juga kaya dengan lemak HDL yang bisa menyingkirkan lemak-lemak jahat penyebab obesitas.

  1. Melenturkan otot wajah
Baca Juga:  Tips Ampuh Atasi Sifat Kanibalisme Ikan Lele

Otot wajah yang lentur tentu akan membuat kulit wajah jadi lebih kenyal. Hal itulah yang dapat mencegah kulit wajah kering dan keriput. Nah, apakah Anda menginginkan kulit yang kenyal dan sehat? Hal itu bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi ikan asin kering.

  1. Menyembuhkan mual-mual

Anda yang sering mual-mual karena asam lambung naik, sudahkah mencoba ikan asin kering sebagai obat terapinya? Jika belum, silakan dicoba. Sebab, dengan mengonsumsi ikan asin kering dengan tambahan nasi dapat meredakan mual-mual yang Anda alami.