Khasiat Menakjubkan Jantung Pisang


Pertanianku — Manfaat sehat yang ditawarkan pisang ternyata tak hanya dari buahnya, tetapi juga dari bunganya atau yang lebih dikenal dengan jantung pisang.

jantung pisang
Foto: Shutterstock

Jantung pisang memiliki tekstur seperti tepung dengan rasa yang pahit, namun kaya akan vitamin C dan vitamin A. Meski tak banyak orang yang mengetahui khasiat dari jantung pisang ini, di beberapa negara jantung pisang sering dijadikan makanan, yaitu sebagai salad.

Dikutip dari Boldsky, jantung pisang sudah digunakan untuk pengobatan alternatif yang dipraktikkan di India sejak 5 ribu tahun silam. Melansir laman Health Benefits Times, Kamis (4/5/2017), berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bunga atau jantung pisang.

  1. Menyembuhkan infeksi

Jantung pisang mengandung etanol yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri patogen. Karena itu, jantung pisang memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi.

  1. Meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan

Magnesium yang terkandung dalam jantung pisang berfungsi sebagai antidepresi tanpa efek samping. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi jantung pisang ini dengan cara dibuat salad atau ditumis sebagai pendamping nasi.

  1. Melancarkan pencernaan

Jantung atau bunga pisang yang kaya akan serat larut dan tidak larut akan membawa seluruh ampas makanan terbuang melalui saluran pencernaan. Serat tak larut yang dimiliki jantung pisang juga membantu sebagian besar makanan yang tidak larut dalam air. Keduanya akan meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan secara sehat.

  1. Mencegah radikal bebas

Radikal bebas yang menghantam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam hal ini, jantung pisang yang bersifat anti-oksidan dapat mengatasi masalah tersebut.

  1. Mengatasi diabetes dan anemia

Mengonsumsi jantung pisang dengan cara direbus dapat mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin di dalam tubuh.

Baca Juga:  Ini Dia Jenis Kacang yang Ampuh Atasi Hipertensi