Khasiat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku — Mentimun merupakan sayuran yang paling sering dijumpai karena mudah dikonsumsi. Timun bisa langsung dimakan mentah tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Sayuran ini memiliki efek dingin yang menyegarkan untuk tubuh dan sering dijadikan lalapan untuk menemani makanan yang kering (tanpa kuah). Sayuran buah ini memiliki banyak manfaat. Salah satu khasiat mentimun yang paling dikenal adalah menurunkan tekanan darah.

khasiat mentimun
foto: pixabay

Mentimun atau Cucumis Sativus merupakan tanaman tropis asli dari Asia Tenggara. Buahnya berbentuk bulat panjang dan tumbuh bergelantungan. Warna mentimun sangat bervariasi, bergantung pada varietasnya, ada yang hijau muda, hijau tua, dan berlilin putih.

Mentimun merupakan sumber vitamin C dan A serta asam folat yang baik untuk tubuh. Bagian kulitnya kaya akan serat dan mineral penting seperti silica, kalium, magnesium, dan molybdenum. Sayuran buah mentimun sering disarankan menjadi sumber silica yang baik.

Loading...

Kandungan mineral silica dalam mentimun sangat berguna untuk memperkuat jaringan ikat pada bagian semen intraselular, otot, tendon, ligamen, tulang rawan, dan tulang.

Vitamin C yang ada di mentimun berguna untuk mencegah terjadinya retensi atau timbunan cairan. Hal inilah yang menyebabkan timun sering digunakan sebagai bahan kompres pada kelopak mata yang bengkak, luka bakar, dan radang kulit. Dengan mentimun, proses pemulihan akan berjalan lebih cepat.

Mentimun merupakan sayuran buah yang rendah kalori. Setiap ½ mangkuk mentimun yang sudah dipotong-potong atau setara 52 gram, kandungan kalorinya hanya 7, kandungan air sebanyak 96 persen, karbohidrat 1 gram, kalium 75 mg, fosfor 10 mg, magnesium 6 mg, kalsium 7 mg, vitamin A 21 IU, dan vitamin C 3 mg.

Khasiat mentimun yang harus Anda ketahui adalah sebagai antiradang, penyegar badan, perangsang liur, penghilang haus, peluruh kencing, serta pembersih dan pelembut kulit.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Terung di Lahan

Mentimun juga berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, sariawan, jerawat, radang tenggorok, pembengkakan kelopak mata, demam disertai rasa haus, cacingan, dan membersihkan ginjal.

Tidak hanya buah mentimun yang memiliki khasiat, daun mentimun segar berguna untuk membuang racun dan menjadi obat diare dan disentri.

 

 

 

 

Loading...
Loading...