Khasiat Paprika, Bagus untuk Mencegah Katarak

khasiaPertanianku — Anda bisa menjumpai paprika dalam berbagai warna, mulai dari merah, oranye, kuning, hingga hijau. Sayur buah ini sering digunakan sebagai campuran masakan yang bisa menambahkan sensasi pedas ketika digigit. Ternyata, selain rasanya enak, paprika juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh, salah satu  khasiat paprika adalah mencegah katarak.

khasiat paprika
foto: Pertanianku

Paprika kaya akan vitamin C dan beta karoten yang sangat baik bagi tubuh. Setiap 100 gram paprika akan menghasilkan 20 kalori, karbohidrat, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan lain yang terdapat di dalam sayur ini adalah beta karoten, vitamin B6, tiamin, dan K, serta asam folat.

Paprika juga mengandung zat aktif yang berkhasiat sebagai antioksidan, capsaicin, homocapsaicin, homodihydrocapsaicin, capsanthin, capsorubin, solanin, dan sianidine. Kandungan capsaicin di dalam paprika bisa digunakan sebagai pereda nyeri topikal. Kandungan capsaicin di dalam paprika sering digunakan sebagai bahan baku pembuat krim pereda nyeri otot.

Kandungan nutrisi yang paling tinggi terdapat di dalam paprika merah. Paprika merah mengandung likopen dan lutein. Kandungan likopen sangat baik untuk melindungi tubuh dari penyakit kanker, jantung, dan mencegah kulit mengeriput.

Paprika sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah timbulnya penyakit katarak. Kandungan yang dapat berperan penting untuk kesehatan mata adalah vitamin C, beta karoten, dan zak aktif lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan.

Selain katarak, khasiat paprika juga bisa digunakan untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi, membantu memetabolisme alkohol, peluruh dahak untuk meringankan bronchitis dan emphysema, serta merangsang keluarnya endorphin yang dapat meredakan rasa nyeri dan memicu perasaan sehat.

Sayangnya, mengonsumsi paprika dapat menyebabkan Anda merasa nyeri pada bagian persendian. Jika rasa nyeri tersebut muncul, hentikan konsumsi atau bahkan hindari konsumsi paprika. Selain itu, kandungan oksalat di dalam paprika cukup berbahaya bagi penderita batu oksalat di dalam ginjal.

Baca Juga:  Budidaya Tanaman Bunga Melati

Selain dimakan dalam keadaan matang, paprika juga bisa dikonsumsi dalam keadaan segar. Anda bisa memakannya dengan cara dijus atau langsung dimakan begitu saja.

Anda sudah tahu betapa bagusnya paprika untuk kesehatan mata dan tubuh? Jangan ragu lagi untuk mengonsumsi paprika, meski terkadang rasanya dinilai aneh oleh sebagian orang. Konsumsi seperlunya saja, jangan sampai berlebihan.

 


loading...