Khasiat Propolis Sebagai Antibiotik Alami

Pertanianku – Propolis merupakan zat yang dihasilkan oleh lebah untuk melindungi sarangnya dari berbagai ancaman, baik ancaman lingkungan yang tidak menguntungkan ataupun serangan organisme lain. Komponen utama propolis berasal dari resin atau getah tanaman yang dikumpulkan oleh lebah. Selain itu, propolis juga berfungsi sebagai zat perekat. Zat tersebut berasal dari jenis-jenis tanaman tertentu. Propolis bersifat desinfektan atau antibakteri sehingga mampu membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya bangkai tikus yang tidak berbau karena tidak membusuk. Bangkai tersebut dibungkus oleh propolis, yang juga dikenal dengan istilah lem lebah.

propolis

Perilaku dan pola makan manusia dari waktu ke waktu semakin memburuk. Tak mengherankan, jika saat ini banyak ditemukan penyakit degenerasi sel. Pola makan yang tidak sesuai dapat menyebabkan beragam penyakit karena sel-sel tubuh tidak memperoleh asupan yang seharusnya. Salah satu solusi yang aman dan tidak berisiko untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengonsumsi propolis. Berikut diuraikan beberapa khasiat propolis.

Loading...

Propolis merupakan antibiotik yang aman untuk digunakan. Penelitian di State Medical University of Ukraina membuktikan seluruh pasien yang terkena Herpes Simplex Infection berhasil disembuhkan dengan propolis. Herpes disebabkan oleh bakteri yang kebal terhadap antibiotik sintetik. Selain itu, propolis juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit kewanitaan yang disebabkan jamur, penyakitpenyakit lain yang disebabkan oleh Staphylococcus, Streptococcus, E. coli, virus influenza, Helicobacter pylori, dan Salmonella typhosa.

Sumber: Buku Propolis Madu Multikhasiat

Baca Juga:  Inilah Manfaat Mikoriza untuk Tanaman Supaya Tumbuh Subur
Loading...
Loading...