Khasiat Propolis untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pertanianku — Daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit yang mengintai. Ada banyak cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga, dan menjaga pola makan. Anda juga bisa menigkatkan daya tahan tubuh dengan rajin minum propolis. Khasiat propolis untuk kesehatan manusia sudah terbukti sejak zaman dahulu.

daya tahan tubuh
foto: pertanianku

Propolis bisa berguna menjadi antibiotik alami yang aman untuk tubuh. Khasiat propolis bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit kewanitaan yang disebabkan oleh jamur, penyakit yang disebabkan oleh Staphylococcus, virus influenza, Helicobacter pylori, dan Salmonella typhosa.

Ada banyak kandungan nutrisi penting di dalam propolis. Salah satu kandungan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan adalah flavanoid. Kandungan tersebut dapat berfungsi sebagai perangsang meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas dan perbanyakan limfosit dan makrofag yang sangat berguna untuk melawan benda-benda asing yang masuk ke tubuh, seperti bakteri, sel kanker/tumor, dan virus.

Loading...

Khasiat propolis juga bisa berperan sebagai antitoksin dan anti-oksidan di dalam tubuh. Antitoksin berfungsi untuk membersihkan sel-sel dari berbagai radikal bebas dan polutan yang masuk ke tubuh dan bersifat racun. Antitoksin dibutuhkan oleh para penduduk yang hidup di tengah kota besar karena tingkat radikal bebas dan polutan di tengah kota besar sangat tinggi. Antitoksin ini dapat membuat sel-sel tubuh berfungsi kembali secara optimal.

Propolis dapat berfungsi sebagai anti-oksidan yang kuat. Proses metabolisme, terutama reaksi-reaksi dengan oksigen yang berhadapan langsung dengan zat radikal bebas. Hal tersebut akan menyebabkan kekurangan elektron di dalam tubuh. Sel yang kekurangan elektron akan membuat daya tahan tubuh melemah dan mudah terserang penyakit sesuai dengan lokasi sel tersebut.

Baca Juga:  Kunci Sukses Usaha Ayam Petelur

Misalkan, zat radikal bebas masuk ke jantung dan akan mengambil satu elektron dari sel-sel yang ada di dalam tubuh. Jika tidak ada yang menggantikan elektron tersebut, akan menyebabkan jantung melemah dan mudah terserang penyakit. Propolis akan berfungsi untuk melindungi elektron di dalam sel dengan cara menyerahkan elektron yang dibawa oleh propolis. Hal tersebut sangat berguna untuk mencegah terjadinya sel abnormal di dalam tubuh.

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...