Khasiat Propolis Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pertanianku – Propolis merupakan zat yang dihasilkan oleh lebah untuk melindungi sarangnya dari berbagai ancaman, baik ancaman lingkungan yang tidak menguntungkan ataupun serangan organisme lain. Komponen utama propolis berasal dari resin atau getah tanaman yang dikumpulkan oleh lebah. Selain itu, propolis juga berfungsi sebagai zat perekat. Zat tersebut berasal dari jenis-jenis tanaman tertentu. Propolis bersifat desinfektan atau antibakteri sehingga mampu membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya bangkai tikus yang tidak berbau karena tidak membusuk. Bangkai tersebut dibungkus oleh propolis, yang juga dikenal dengan istilah lem lebah.

propolis

Perilaku dan pola makan manusia dari waktu ke waktu semakin memburuk. Tak mengherankan, jika saat ini banyak ditemukan penyakit degenerasi sel. Pola makan yang tidak sesuai dapat menyebabkan beragam penyakit karena sel-sel tubuh tidak memperoleh asupan yang seharusnya. Salah satu solusi yang aman dan tidak berisiko untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengonsumsi propolis. Berikut diuraikan beberapa khasiat propolis.

Loading...

 

Flavonoid yang terdapat dalam propolis dapat berfungsi sebagai perangsang meningkatnya sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan meningkatkan aktivitas dan perbanyakan limfosit T dan makrofag yang sangat berguna dalam menghilangkan zat asing di dalam tubuh, seperti bakteri, sel kanker/tumor, dan virus.

 

Sumber: Buku Propolis Madu Multikhasiat

Baca Juga:  Budidaya Udang Vaname di Lahan Sempit dengan Teknologi Microbubble
Loading...
Loading...