Khasiat Putri Malu Dalam Menyembuhkan Hepatitis


Pertanianku – Anda pasti sudah sangat mengenal tanaman putri malu. Tanaman yang bernama Latin Mimosa pudica linn ini tergolong tumbuhan liar. Namun, siapa sangka tumbuhan yang memiliki duri dan daun kecil ini memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Tanaman putri malu mengandung senyawa tanin, mimosin, dan asam pipekolinat. Semua bagian dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Khasiat Putri Malu Dalam Menyembuhkan Hepatitis

Menurut penelitian mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura, yakni Fadila H Usman, Fathul Yusro, Gusti Eva Tavita, Lolita Sisillia, Sondang M Sirait, tanaman ini mampu mengobati beragam penyakit. Mau tahu penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan putri malu?

Salah satunya adalah hepatitis, yaitu peradangan yang terjadi akibat adanya tokin ataupun karena infeksi yang diakibatkan oleh zat kimia. Penyakit ini bahkan dapat memicu terjadinya kanker hati yang akan merusak fungsi hati dalam menetralisasi racun jika tidak ditangani dengan serius.

Banyak orang yang mengomsumsi obat-obatan untuk mengurangi efek dari penyakit ini. Namun, tahukah Anda jika tanaman putri malu berkhasiat  menyembuhkan penyakit hepatitis? Untuk menyembuhkan hepatitis, putri malu direbus kemudian airnya diminum. Kandungan tanin dalam putri malu dapat membantu mengembalikan fungsi hati.

Baca Juga:  Merawat Ginjal agar Lebih Sehat dengan Buah dan Sayuran ini
loading...
loading...