Khasiat Rumput Belang sebagai Tanaman Obat

Pertanianku Rumput belang (Zebrina pendula Schnizl) sering disebut dengan nama diao zhu mei di Cina. Rumput belang terkenal sebagai tanaman obat yang sudah terbukti berkhasiat. Beberapa kandungan kimia tersebut adalah oksalat dan gummi yang banyak terdapat di bagian batang dan daun.

rumput belang
foto: Pixabay

Selain berkhasiat, tanaman ini juga sering dipelihara sebagai tanaman hias karena memiliki sosok daun yang menarik. Tanaman hias ini sering menjadi tanaman gantung. Apabila Anda coba memakannya, tanaman anggota famili Commelinaceae ini berasa manis, dingin, dan agak beracun. Seluruh bagian tanaman bisa Anda manfaatkan sebagai obat untuk mengobati beragam penyakit. Namun, ibu hamil dilarang mengonsumsi obat herbal dari tanaman ini.

Batuk darah

Siapkan 75 gram tanaman utuh yang segar, termasuk bagian akarnya juga harus diikutsertakan. Setelah itu, cuci bersih tanaman dan tumbuk hingga halus. Masukkan tumbukan ke kain perca, lalu peras hasil tumbukan hingga mengeluarkan air. Air perasan tersebut dapat diminum untuk mengatasi batuk darah. 

Disentri kronis dan keputihan

Siapkan 150 gram tanaman segar, kemudian cuci bersih. Tambahkan 30 gram beras putih yang sudah disangrai hingga kuning. Rebus kedua bahan tersebut dengan 6 gelas air bersih hingga airnya tersisa 3 gelas. Air rebusan bisa diminum sebanyak 3 kali sehari, masing-masing sebanyak 1 gelas.

Bisul

Ambil tanaman secukupnya, kemudian cuci hingga bersih dan lumatkan. Hasil lumatan dapat dibubuhkan di atas bisul dan sekitarnya.

Kencing nanah

Siapkan 75 gram rumput belang segar, kemudian cuci hingga bersih. Rebus tanaman dengan 5 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 mangkuk. Hasil rebusan tersebut dapat diminum dua kali sehari, masing-masing sebanyak ½ mangkuk.

 

 

 

 

Baca Juga:  Lindungi Tanaman Sengon dari Penyakit dengan Cara Ini