Khasiat Sambiloto untuk Melawan Corona

PertaniankuSambiloto atau Andrographis paniculata terkenal sebagai tanaman obat yang sering diracik menjadi ramuan herbal untuk mengatasi penyakit diabetes mellitus, demam, dan disentri. Bukti empiris dan klinis terbaru mengungkapkan bahwa sambiloto berkhasiat sebagai antivirus sehingga berguna sebagai salah satu terapi pelengkap untuk sembuh dari virus Corona.

sambiloto
foto: Pertanianku

Dilansir dari trubus-online.co.id, salah satu pasien Covid-19 mengonsumsi 2 kapsul sambiloto setiap 1 jam sebelum makan atas saran dari dokter sekaligus praktisi herbal dr. Prapti Utami, M. Si. Selain sambiloto, ia juga meminum ramuan yang terbuat dari kencur, jahe, temulawak, serai, air perasan lemon, dan madu sebanyak 3 kali sehari.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh dosen dan peneliti bidang obat bahan alami di Fakultas Farmasi, Universias Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Dr. apt. Aty Widyawaruyanti, M.S., bersama dengan para rekannya menunjukkan bahwa sambiloto mengandung senyawa aktif yang termasuk golongan flavonoid dan diterpenlakton.

Senyawa tersebut adalah 5,4’-dihydroxy‑7‑O‑β ‑D‑pyran‑glycuronate butyl ester, 3‑O‑β‑D‑glucopyranosyl‑andrographolide, dan 7,8 dimethoxy-2’-hydroxy-5-O-β-D-glucopyranosyloxyflavon.

Ketiga senyawa tersebut memiliki kekuatan yang hampir sama dengan obat antivirus Indinavir dan Remdesivir. Obat herbal dari sambiloto dapat digunakan sebagai pelengkap obat dari dokter. Agar lebih aman, sebaiknya Anda mengonsumsi sambiloto di bawah pengawasan dokter dan herbalis.

Ramuan sambiloto juga dapat digunakan untuk menjaga imunitas tubuh agar mampu menangkal Covid-19. Cara pembuatannya sangat mudah, Anda hanya tinggal merebus 10 gram sambiloto dan 10 gram meniran secara bersamaan hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan ke dalam rebusan geprekan temulawak seukuran 2 jari, 2 keping temulawak, dan kunyit seukuran 2—3 jari. Kemudian kecilkan api dan tunggu hingga 20 menit.

Satu gelas ramuan tersebut dapat diminum 3 kali sebelum makan. Ramuan tersebut dapat dikonsumsi secara rutin oleh penyintas Covid-19 selama dua minggu sebagai salah satu terapi untuk sembuh.

Baca Juga:  Turi Mini, Bahan Pokok Pembuatan Pupuk Hijau

Gunakan bahan-bahan yang masih segar agar khasiat ramuan tersebut dapat bekerja maksimal. Jika Anda ingin membeli kapsul sambiloto, sebaiknya beli kapsul yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar lebih aman.