Khasiat Selasih, Sembuhkan Demam dan Insomnia

Pertanianku — Selasih atau Ocimum basilicum merupakan salah satu jenis terna atau tumbuhan berbatang lunak, dan tanaman semusim. Selasih sering digunakan sebagai campuran menu masakan dan jarang menjadi bahan utama. Namun, ternyata khasiat selasih untuk kesehatan sangat banyak dan masih jarang diketahui. Salah satunya, sembuhkan demam dan insomnia.

khasiat selasih
foto: cybex.pertanian.go.id

Tanaman selasih tumbuh tegak, tinggi tanaman sekitar 50—80 cm, batangnya berwarna kecokelatan, bersegi empat, bercabang banyak di bagian atas, serta mengeluarkan aroma harum yang sangat khas.

Daun selasih tunggal, letaknya saling berhadapan, tangkai daun terbilang cukup panjang sekitar 0,5—2 cm, helai daunnya berbentuk buat telur dan memanjang, tulang daunnya menyirip, serta permukaan daun berambut halus dengan bintil-bintil kelenjar.

Loading...

Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna putih atau lembayung, tersusun di dalam tandan sepanjang 5—30 cm, dan keluar dari bagian ujung percabangan. Biji selasih bertekstur keras, warnanya cokelat tua, dan jika dimasukkan ke dalam air akan menggumpal seperti selai.

Daun dan biji selasih dapat mengeluarkan bau aromatik seperti lemon ketika diremas-remas. Tanaman ini berkhasiat untuk mengobati sakit demam, flu, batuk, migrain, kembung, mual, muntah, diare, rematik, insomnia, batuk, dan bau badan.

Selasih terkenal sebagai salah satu sumber vitamin A dan C yang baik bagi tubuh. Aroma harum yang dikeluarkan oleh tanaman ini bisa digunakan untuk pembuatan sabun, parfum, dan kosmetik.

Bagian yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat adalah herba dan biji. Biji yang akan digunakan harus dijemur terlebih dahulu dengan pelindung hingga kering.

Biji selasih mengandung plateose dan asam lemak seperti asam palmitat, asam oleat, asam stearate, dan asam linoleat.

Herba selasih terasa pedas, hangat, dan harum. Herba selasih berkhasiat untuk meningkatkan penyerapan makanan, peluruh keringat, peluruh urine, melancarkan aliran darah, penghilang nyeri, penenang ringan, antiseptik, antibakteri terutama untuk bakteri parasit di usus, meredakan kejang usus, membersihkan raucn, serta mengurangi risiko munculnya kanker di dalam tubuh.

Baca Juga:  Cara Sterilisasi Rumah Kumbung yang Benar

Khasiat herba selasih juga bisa digunakan untuk mengatasi demam, flu, batuk, sakit kepala, gangguan pencernaan, cacingan, haid tidak teratur, luka terpukul, rematik, gelisah, depresi, dan memperbanyak air susu ibu.

Anda juga bisa menggunakan khasiat selasih untuk mengatasi perut yang sering kembung. Caranya, minum air seduhan selasih 2—3 kali sehari di antara dua waktu makan.

 

Loading...
Loading...