Khasiat Semangka untuk Kesehatan

Pertanianku — Buah semangka merupakan salah satu buah yang sering dijajakan oleh penjual buah potong. Hal ini karena banyak orang menyukai buah yang menyegarkan dengan kandungan air melimpah tersebut. Semangka sangat lezat disantap saat suhu udara sedang panas. Selain lezat, semangka juga sangat berkhasiat. Khasiat semangka yang paling sering diincar adalah menyejukkan tubuh saat cuaca sedang panas.

khasiat semangka
foto: Pertanianku

Daging buah semangka rasanya manis, bersifat dingin dengan afinitas/zat aktif menuju ke meridian jantung, lambung, dan kandung kemih.

Khasiat semangka lainnya yang tidak kalah bagus adalah sebagai pembersih ginjal peluruh kencing atau diuretic, antiradang, melumasi usus, menghilangkan rasa haus, mengurangi cacat lahir, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Semangka juga dapat membantu Anda mengatasi sumbatan yang disebabkan oleh dahak. Fakta unik yang harus diketahui Anda, semangka bisa mengatasi pingsan yang disebabkan oleh udara panas (heat stroke), rasa letih, demam tinggi, mulut kering, napas berbau, dan nyeri saat kencing.

Buah yang menyegarkan ini juga dapat meningkatkan kesuburan pria, mengatasi perut yang terasa kembung, sembelit, polip usus, sakit tenggorokan, sariawan, hepatitis, hipertensi, impotensi, keracunan alkohol, menghilangkan kerutan pada wajah, dan menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Kadar likopen di dalam buah semangka dapat digunakan untuk mengurangi risiko kanker prostat.

Semangka lebih nikmat jika dijus, air jusnya akan terasa sangat segar. Namun, ternyata selain nikmat, jus semangka juga berkhasiat untuk mengatasi masalah flu dan gangguan pencernaan.

Bagian kulit dalam yang berwarna putih bisa Anda jus dan minum. Bagian tersebut berkhasiat untuk menurunkan kadar ureum yang tinggi.

Bagian yang bisa dimanfaatkan bukan saja daging dan kulit dalamnya, biji semangka juga bisa dimanfaatkan. Biji semangka terasa manis dan netral. Khasiat biji semangka adalah meluruhkan kencing, menyehatkan ginjal, melembapkan usus, dan menyejukkan radang kandung kemih.

Baca Juga:  Peluang Usaha Lengkeng Matalada, Lengkeng Berbiji Kecil Sensasi Makan Lebih Puas

Semangka sering digunakan dalam pengobatan tradisional Cina sebagai obat untuk mencegah terbentuknya summer heat, gejala penyakit yang ditandai dengan rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urine berubah menjadi kuning tua, mudah emosi, dan berkeringat sangat banyak.


loading...