Khasiat SIrsak Menurut Penelitian


Pertanianku – Salah satu hasil riset terkait dengan sirsak adalah yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Purdue, Indiana, Amerika Serikat. Dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa daun sirsak (Annona muricata) manjur mengatasi berbagai penyakit kanker, antara lain kanker paru-paru, ginjal, pankreas, dan usus besar. Keampuhan sirsak ini tak lain karena ditemukan kandungan senyawa aktif yang dikenal dengan sebutanacetogenins.

Riset Sirsak Membuktikan

Dari berbagai laporan diketahui bahwa acetogenins dapat menghambat ATP (adenosina trifosfat) yang merupakan sumber energi kanker untuk berkembang. Cara kerjanya adalah acetogenins masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding  mitokondria. Akibatnya, sel kanker berhenti berkembang karena produksi energinya dihentikan.

Yang membuat istimewa senyawa aktif acetogenins adalah bersifat selektif, yaitu hanya menyerang sel kanker dan tidak menyerang sel-sel normal dalam tubuh. Selama ini upaya pengobatan kanker dilakukan dengan teknik kemoterapi. Teknik ini merupakan cara pengobatan kanker dengan memasukkan obat tertentu yang mempunyai khasiat membunuh sel kanker. Namun, kini kemoterapi bisa digantikan dengan ramuan daun sirsak. Hal ini sesuai  dengan The Journal of Natural Product yang memaparkan hasil riset sejumlah peneliti dari AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat, bahwa daun sirsak dapat membunuh selsel kanker usus besar hingga 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi.

 

Sumber: Buku Daun Ajaib

Baca Juga:  Mengulik Efek Samping Mahkota Dewa bagi Kesehatan
loading...
loading...