Khasiat Susu Kambing Bisa Sembuhkan TBC


Pertanianku — Susu kambing adalah minuman yang kandungan gizinya tidak kalah dengan susu sapi. Susu kambing dapat dijadikan sebagai alternatif bagi mereka yang memiliki alergi minum susu sapi. Bahkan, khasiat susu kambing bisa menyembuhkan penyakit berbahaya seperti Tuberculosis (TBC).

khasiat susu kambing
Foto: Google Image

Namun, manfaat susu kambing tersebut sayangnya masih belum disadari oleh banyak orang. Seorang ahli pangan yang sangat memerhatikan pengaruh pola makan terhadap kesehatan dan proses timbul dan sembuhnya berbagai macam penyakit, Norman W. Walker telah membuktikannya.

Dikatakannya bahwa susu kambing segar adalah bahan makanan yang paling banyak menimbulkan lendir di dalam tubuh manusia. Beliau juga mengamati bahwa susu yang paling cocok untuk dikonsumsi manusia selain bayi yang belum lepas dari air susu ibu adalah susu kambing segar.

Dinyatakan pula bahwa pemanasan di atas 48°C justru merusak nilai fisiologis susu kambing dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan karena menimbulkan lendir yang berlebihan. Hal tersebut merupakan suatu hal yang kontroversial bagi ahli gizi dan teknologi pengolahan pangan pada umumnya.

Susu kambing memiliki beberapa keistimewaan seperti kaya dengan protein, enzim, dan vitamin A, serta mengandung faktor anti-antritis (inflamasi sendi). Setelah diteliti oleh pakar-pakar kesehatan, susu ini dapat mengobati demam, penyakit kulit, gastrik, asma, insomnia, dan ulcer.

Khasiat susu kambing yang disimpan sejuk tidak akan berubah kualitasnya. Khasiat lain dari susu kambing adalah dapat mengobati penyakit TBC, yang merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Tuberculosis (TBC) adalah penyakit yang dapat diobati, penyebabnya adalah bakteri (kuman) Mycobacterium tuberculosis. TBC dapat merusak paru-paru atau bagian tubuh yang lain dan mengakibatkan penyakit parah. TBC dapat menular melalui batuk, bersin, atau berbicara. Lalu, kuman terlepaskan di udara sehingga proses penularannya lebih luas lagi.

Baca Juga:  Kementan Salurkan 6.000 Sapi Impor ke Seluruh Indonesia

Apabila orang lain menghirup kuman ini, mereka mungkin terinfeksi. Kebanyakan orang mendapat kuman TBC dari orang yang sering berada dekat dengan mereka seperti anggota keluarga, teman, atau rekan sekerja. Untuk menyembuhkan TBC, penderita dianjurkan mengonsumsi sebanyak 1 gelas susu kambing (300 cc) setiap hari selama satu bulan atau setidaknya sampai ada perbaikan.