Khasiat Talas yang Jarang diketahui

Pertanianku — Talas merupakan bagan dari keluarga umbi-umbian yang sering diolah menjadi beragam jenis masakan. Bagian yang bisa dimanfaatkan adalah umbi, tangkai daun, dan daunnya. Seluruh bagian tersebut mengandung polifenol dan saponin. Masih sedikit orang yang mengetahui bahwa khasiat talas bisa digunakan untuk obat herbal yang menyembuhkan beberapa penyakit tertentu.

khasiat talas
foto: pixabay

Herba umbi batang yang biasanya disebut bonggol tumbuh di bawah tanah. Pohonnya dapat tumbuh hingga setinggi 0,4—1,5 m, dengan daun sebanyak 2—5 helai. Tangkai talas berwarna hijau, bergaris tua.

Khasiat talas bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit mag, berak berdarah, dan luka. Cara pemanfaatannya pun cukup mudah. Berikut ini beberapa ramuan resep herbal dari talas.

Loading...

Sakit mag

Rebus umbi talas dan makan seperti biasa saja pada saat senggang. Dengan rajin mengonsumsi umbi talas dapat meredakan penyakit mag yang sedang diderita.

Berak darah

Kupas 100 gram umbi talas dan cuci bersih. Parut umbi talas yang sudah dikupas dan peras untuk diambil sarinya. Saring air sari talas dan minum air tersebut sekaligus sampai habis untuk penderita sakit buang air besar hingga berdarah.

Luka

Untuk membalut luka baru, gunakan kulit tangkai daun talas dan remukkan hingga hancur. Gunakan hasil remukan yang sudah halus pada bagian luka hingga sembuh. Kulit tangkai daun talas harus dicuci terlebih dahulu untuk menghindari infeksi karena kotoran yang masih melekat.

Selain bisa dikonsumsi sebagai camilan dan obat herbal, ternyata pohon talas bisa ditanam menjadi tanaman hias yang menambah nilai estetika rumah. Tumbuhan ini biasanya hidup di semak-semak, tanah kosong, atau tepian sungai sehingga banyak orang yang kurang menyadari nilai lebih dari pohon ini dan justru mengabaikannya karena terlihat pohon liar.

Bagi mereka yang sudah mengetahui khasiat talas tentunya akan memanfaatkan tanaman tersebut untuk mengobati beberapa macam penyakit. Talas dapat dikatakan sebagai tanaman yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit yang sedang diderita oleh orang di sekitar Anda.

Bahkan, ada mitos yang mengatakan, talas bisa berguna untuk menangkal gangguan guna-guna seperti santet, kesambet, kesurupan, ataupun yang diikuti jin jahat. Selain itu, resep obat tradisional yang dibuat dari daun talas ternyata sudah digunakan sejak zaman dahulu dan diwariskan secara turun-temurun dari bangsawan kerajaan.

Daun talas kaya akan zat mineral dan vitamin seperti daun bayam. Tumbuhan talas disebut Wu Tao oleh masyarakat Cina dan sering diolah menjadi puding yang disajikan pada tahun baru mereka.

Profesor Jerome Glaser dari Universitas Rochester sangat yakin tumbuhan talas merupakan tumbuhan yang berpotensial untuk menyembuhkan tukak alat cerna, asma, eksim, dan gangguan bronkial.

Mengonsumsi talas secara berlebihan dapat menyebabkan batu ginjal serta asam urat dan beberapa gangguan kesehatan yang lain. Sebaiknya, sebelum dikonsumsi, talas direndam ke dalam air semalaman untuk mengurangi kadar oksalat dalam talas.

 

Loading...
Loading...